5 Manfaat Minum Susu bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 12 April 2022 | 14:32 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Manfaat Minum Susu bagi Kesehatan Tubuh

ILUSTRASI. Manfaat minum susu bagi kesehatan.


KONTAN.CO.ID - Susu adalah salah satu minuman yang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Pasalnya, susu mempunyai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Susu adalah minuman yang berasal dari hewan dan mengandung cukup banyak protein hewani yang baik untuk kesehatan serta banyak mengandung nutrisi.

Selain itu, susu juga merupakan minuman yang bisa dikonsumsi oleh semua orang, mulai dari bayi, anak kecil, orang dewasa, hingga lansia sekalipun. 

Susu juga termasuk ke dalam minuman yang bisa dijadikan atau dicampur dengan berbagai jenis makanan atau minuman lain, biar lebih lezat saat dikonsumsi. 

Namun, untuk mendapatkan manfaat yang utuh bagi kesehatan, hindari susu yang ditambahkan pemanis buatan. Sebab, malah akan membuat manfaat minum susu jadi hilang. 

Baca Juga: Cara Memanjangkan Bulu Mata, Coba 6 Bahan Alami Ini

Melansir dari Healthline, ada beberapa manfaat minum susu bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Susu mengandung banyak nutrisi

Susu adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, termasuk mengandung banyak nutrisi yang tentunya sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh.

Susu juga merupakan sumber vitamin A, magnesium, zinc, dan tiamin (B1) yang baik. Selain itu, susu adalah sumber protein yang sangat baik dan mengandung ratusan asam lemak yang berbeda, termasuk asam linoleat terkonjugasi (CLA) dan omega-3.

Sumber protein

Susu adalah sumber yang kaya protein, dengan hanya satu cangkir mengandung 8 gram. Protein bermanfaat dan dibutuhkan untuk banyak fungsi vital dalam tubuh Anda, termasuk pertumbuhan dan perkembangan, perbaikan sel dan pengaturan sistem kekebalan.

Menjaga kesehatan tulang

Salah satu manfaat minum susu yang cukup populer adalah dapat membantu menjaga kesehatan tulang. 

Soalnya, kombinasi nutrisinya yang kuat, termasuk kalsium, fosfor, potasium, protein dan (dalam susu yang diberi makan rumput, penuh lemak) vitamin K2. Semua nutrisi itu penting untuk menjaga tulang yang kuat dan sehat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa, Coba Konsumsi Ini

Membantu mencegah penambahan berat badan

Beberapa penelitian telah mengaitkan asupan susu dengan risiko obesitas yang lebih rendah. Menariknya, manfaat ini hanya dikaitkan dengan susu murni.

Sebuah penelitian pada 145 anak Latin berusia tiga tahun menemukan, mengonsumsi lemak susu yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko obesitas masa kanak-kanak yang lebih rendah.

Susu adalah bahan serbaguna

Susu adalah minuman bergizi yang memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Selain itu, susu adalah bahan serbaguna yang dapat dengan mudah ditambahkan ke menu diet Anda.

Selain minum susu, cobalah ide-ide berikut untuk memasukkannya ke dalam rutinitas harian Anda, seperti mencampurnya dengan kopi, oatmeal, yogurt, dan berbagai makanan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru