Edukasi

5 Penyebab pemanasan global yang perlu Anda waspadai

Senin, 31 Mei 2021 | 21:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Penyebab pemanasan global yang perlu Anda waspadai


KONTAN.CO.ID - Pemanasan global adalah salah satu isu yang perlu Anda perhatikan. Salah satu cara memperlambatnya adalah dengan mengetahui apa saja penyebab pemanasan global.

Bukan tanpa alasan, ada banyak efek negatif yang datang akibat pemanasan global. Ada banyak pemanasan global yang bisa Anda rasakan.

Misalnya, pemanasan global dapat mengakibatkan es di kutub mencair. Saat hal itu terjadi, volume air laut akan meningkat sehingga berbahaya untuk kehidupan manusia.

Selain itu, tentu saja masih banyak hal yang terjadi akibat pemanasan global. Mulai dari krisi air bersih, terumbu karang rusak, hingga suhu air laut meningkat.

Supaya hal-hal tersebut tak semakin parah, beberapa penyebabnya perlu Anda hindari.

Penggundulan Hutan

Mengutip dari Sciencing, penggundulan hutan termasuk salah satu penyebab pemanasan global. Pohon-pohon yang ada di hutan ditebang sebagai bahan dasar pembuatan kertas, bahan bakar, dan bahan bangunan.

Saat penggundulan hutan berlangsung, ada banyak karbon dioksida yang keluar memenuhi Bumi.

Selain itu, jumlah pohon yang semakin berkurang berpengaruh pada jumlah karbon dioksida yang dapat diolah pohon. Akibatnya, karbondioksida dalam bumi tak bisa berkurang dan justru selalu bertambah.

Baca Juga: Kembali bersuara, Greta Thunberg sebut pemimpin global tak peduli masalah lingkungan

Sampah

Tahukah Anda bahwa banyaknya sampah yang ada di bumi mengakibatkan pemanasan global? Sampah yang tak bisa diolah menghasilkan gas metana yang tidak baik untuk bumi. Semakin banyak sampah yang terbuang, semakin banyak pula produksi gas metana.

Pupuk

Sciencing menyebutkan, pupuk juga bisa mengakibatkan pemanasan global, lo. Apalagi, pupuk yang dipenuhi dengan nitrogen.

Nitrogen dapat menahan uap panas 300 kali lebih besar dari karbon dioksida. Jadi, ada baiknya untuk menggunakan jenis pupuk lain yang lebih aman untuk bumi.

Baca Juga: Ancaman Iklim dan Pemadaman Listrik

Erupsi vulkanik

Erupsi vulkanik adalah salah satu penyebab pemanasan global.

Penyebab pemanasan global yang lain adalah erupsi vulkanik. Saat hal itu terjadi, ada banyak karbon dioksida yang menumpuk dalam bumi.

Meski demikian, erupsi vulkanik hanya memberikan pengaruh sementara. Masih banyak penyebab lain yang lebih parah dan masih bisa Anda cegah.

Transportasi

Pemanasan global ikut meningkat seiring bertambahnya polusi yang keluar dari kendaraan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi polusi kendaraan adalah dengan memakai kendaraan umum.

Memilih berjalan kaki atau memakai sepeda untuk pergi ke suatu tempat juga bisa Anda jadikan pilihan.

Selanjutnya: Waduh, gunung es terbesar di dunia pecah dan hanyut ke laut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru