5 tips agar wawancara online berjalan lancar dan sukses

Rabu, 05 Agustus 2020 | 14:08 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 tips agar wawancara online berjalan lancar dan sukses

ILUSTRASI. 5 tips agar wawancara online berjalan lancar dan sukses.


MENCARI KERJA - Banyak perusahaan yang tidak mau mengambil risiko di tengah pandemi virus corona. Proses rekrutmen yang semula offline diubah menjadi online. Salah satunya menerapkan wawancara online

Sebelum pandemi, proses wawancara kerja selalu dilakukan di kantor. Peserta dan pewawancara berhadapan langsung saat proses tersebut. 

Saat pandemi Covid-19, kontak langsung sangat dihindari. Penyebaran virus corona yang sangat cepat dan masif membuat proses wawancara diganti. 

Bagi sebagian pencari kerja, wawancara online mungkin masih asing. Karena masih baru, tidak sedikit yang justru merasa kesulitan dengan wawancara online. 

Bagi yang yang baru pertama melakukan wawancara online, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Dirangkum dari Karirpad dan Jobstreet.com, berikut tips agar wawancara online Anda sukses:

Baca Juga: Lowongan kerja 2020 besar-besaran asuransi BUMN Taspen Life, ini syaratnya

  • Mempelajari aplikasi yang digunakan untuk wawancara

Untuk menunjang wawancara online, biasanya perusahaan memakai aplikasi tertentu. Google Meet, Zoom, hingga Skype biasa dipakai untuk wawancara online. Selain kualitas video yang bagus, aplikasi tersebut juga cukup mudah digunakan. 

Perusahaan biasanya mencantumkan jenis aplikasi apa yang akan digunakan saat wawancara online. Sebelum jadwal wawancara, sebaiknya Anda mempelajari aplikasi yang digunakan.

Pelajari fitur yang tersedia di aplikasi. Jangan sampai Anda menemui kendala saat wawancara kerja. Terlebih jika salah memilih fitur dan tidak tahu cara mengembalikannya.

  • Tetap berpakaian rapi dan sopan

Meskipun online, wawancara kerja tetap diharuskan menggunakan pakaian rapi. Pewawancara ingin melihat bagaimana Anda menempatkan diri.  

Baca Juga: Indomaret Group buka lowongan kerja besar-besaran untuk fresh graduate, ini syaratnya

Pakai lah pakaian formal yang sopan dan rapi. Untuk wanita bisa menggunakan riasan yang simpel agar terlihat segar saat wawancara kerja.

Meskipun melalui sambungan video, pewawancara akan tetap menilai penampilan Anda. Jangan sampai Anda tidak lolos hanya karena tidak menggunakan pakaian rapi saat wawancara.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru