5 Tips Merawat Motor Listrik, Cocok Bagi Anda yang Malas Ganti Oli

Minggu, 16 Juni 2024 | 06:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Tips Merawat Motor Listrik, Cocok Bagi Anda yang Malas Ganti Oli

ILUSTRASI. Petugas mengendarai kendaraan bermotor listrik di Jatinegara, Jakarta, Rabu (29/5/2024). Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa berdasarkan data Sistem Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT) hingga 3 April 2024 jumlah Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) mencapai 133.225 unit. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.


MOTOR LISTRIK - Catat beberapa tips merawat motor listrik yang penting diketahui. Selain itu, Motor listrik juga cocok bagi Anda yang malas saat diharuskan ganti oli.

Motor listrik semakin populer karena keunggulan mereka dalam hal efisiensi energi dan dampak lingkungan yang lebih rendah dibandingkan dengan motor konvensional berbahan bakar fosil. 

Namun, ada beberapa perbedaan penting dalam perawatan antara motor listrik dan motor bensin, salah satunya adalah masalah penggunaan oli.

Baca Juga: Simak Jadwal Timnas Italia di Euro 2024 dan Skuad Pemain Anak Asuh Luciano Spalletti

Apakah Motor Listrik Perlu Ganti Oli?

Secara sederhana, jawabannya adalah tidak. Motor listrik tidak memerlukan oli untuk pelumasan seperti motor konvensional. 

Melansir dari     Tromox, motor listrik tidak menggunakan oli mesin, sehingga Anda tidak perlu mengganti oli, mengganti filter oli, dan lain sebagainya.

Namun, meskipun motor listrik tidak memerlukan penggantian oli, masih ada beberapa perawatan yang perlu diperhatikan untuk menjaga kinerja optimal dan umur panjang motor listrik Anda.

Tips Merawat Motor Listrik

Baca Juga: 27 Skuad Pemain Timnas Spanyol dan Jadwal Laga di Euro 2024

Perhatikan Sistem Pendinginan

Motor listrik tetap memerlukan pendinginan untuk menjaga suhu operasi yang optimal. Pastikan ventilasi motor tidak terhalang dan sistem pendinginan berfungsi dengan baik.

Periksa Kondisi Baterai

Baterai adalah salah satu komponen kunci dalam motor listrik. Pastikan untuk memeriksa kesehatan baterai secara berkala dan ikuti panduan pabrikan untuk pengisian ulang dan pemeliharaan yang tepat.

Periksa Rutin Komponen Elektronik

Motor listrik memiliki sejumlah komponen elektronik yang penting untuk operasi yang lancar. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kabel, konektor, dan komponen lainnya untuk memastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Simak Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Terbaru Juni 2024

Gunakan Charger yang Tepat

Saat mengisi ulang baterai, pastikan untuk menggunakan charger yang direkomendasikan oleh pabrikan. Overcharging atau penggunaan charger yang tidak sesuai dapat merusak baterai.

Hindari Pemakaian Berlebihan

Motor listrik memiliki batasan kinerja dan kemampuan seperti motor konvensional. Hindari membebani motor dengan beban yang berlebihan atau melakukan akselerasi dan pengereman yang kasar secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru