6 Cara menyiasati desain interior rumah minimalis agar terlihat lebih luas

Selasa, 14 Juli 2020 | 11:45 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
6 Cara menyiasati desain interior rumah minimalis agar terlihat lebih luas

ILUSTRASI. Ilustrasi 6 Cara menyiasati desain interior rumah minimalis agar terlihat lebih luas. Dok.Dekoruma


Tips desain interior - JAKARTA. Memilih dan mengatur desain interior rumah minimalis memang gampang-gampang susah. Tipe rumah yang cenderung mungil dan minimalis, sering menjadi pilihan para warga kota besar atau pengantin baru.Namun dibalik konsep minimalis yang digemari, tentunya ada satu-dua hal yang membuat Anda repot mempercantik rumah Anda. 

Keterbatasan ruang menjadi satu tantangan bagi setiap pemilik rumah minimalis. Tetapi menurut Decor Aid, keterbatasan ruang bukan berarti Anda harus menyerah akan desain interior rumah minimalis Anda. Yang Anda perlukan hanya beberapa hacks untuk menyiasati ruangan-ruangan mungil di rumah Anda. Berikut adalah 6 cara menyiasati interior rumah minimalis yang bisa Anda coba.

Baca juga: Daftar harga mobil bekas di bawah Rp 100 juta yang pas untuk garasi mungil 

  • Pilih dan taruh barang sesuai kebutuhan

Ruangan yang kecil tentunya hanya memiliki sedikit ruang untuk menaruh barang-barang. Anda tidak perlu menaruh berbagai dekorasi atau perabotan, hanya untuk membuat ruangan Anda indah. Meminimalisir penggunaan perabot bisa membuat rumah minimalis Anda tampak lebih "lega" dan rapi. Pilih perabotan dan aksesoris yang Anda perlukan, lalu display dengan cermat di rumah minimalis Anda. Simpan perabotan yang tidak Anda gunakan di gudang dengan rapi, agar Anda tidak kerepotan saat ingin menggunakannya kelak. 

  • Pasang tirai lebih tinggi

Dilansir dari Decor Aid, memasang tirai lebih tinggi dari seharusnya bisa sedikit "mengelabui" ruangan yang sempit. Dengan siasat ini desain interior rumah minimalis Anda bisa terlihat lebih luas. Gunakan tirai polos atau yang memiliki pattern yang sedikit. Tirai yang polos membuat dinding Anda terlihat lebih luas dan tentunya bisa menyiasati desain interior rumah minimalis Anda. 

  • Gunakan perabotan yang lebih kecil

Pilih perabotan yang nyaman dan tidak memakan tempat. Jika Anda sudah memilih perabotan yang besar dan membutuhkan tempat banyak, rumah Anda akan terlihat "penuh" meskipun hanya ada sedikit perabotan di dalamnya. Anda bisa membeli sofa minimalis dengan sedikit ornamen, atau perabotan polos yang tidak terlalu ramai ukiran dan ornamen. 

  • Cat tembok Anda dengan warna-warna netral atau polos

Memilih warna netral seperti putih polos, tanpa tambahan pattern apapun, bisa menjadi pilihan desain interior rumah minimalis Anda. Adanya pattern yang ramai, bisa memunculkan kesan penuh pada ruangan. Agar tidak monoton, memilih warna pastel seperti peach juga bisa menyiasati desain interior rumah minimalis. Pemilihan warna pastel tentunya juga tanpa banyak ornamen. Memilih warna dinding polos, bisa menipu mata sehingga ruangan terlihat lega.

Baca juga: Promo staycation Yogyakarta mulai Rp 350 ribu, liburan ke Kota Gudeg 

  • Jangan menggunakan lampu gantung

Menggunakan lampu gantung seperti chandelier memang indah, namun penggunaan ini tidak cocok untuk desain interior rumah minimalis. Kabel lampu, meskipun tidak seberapa besar, bisa menimbulkan kesan penuh pada ruangan. Gunakan lampu dengan penerangan yang cukup yang menempel langit langit ruangan agar kesan luas bisa tercipta. Cahaya yang remang-remang juga bisa membuat ruangan mungil menjadi terlihat lebih sempit.

  • Manfaatkan cermin

Pantulan cermin bisa Anda gunakan untuk menyiasati desain interior rumah minimalis Anda. Tidak harus memasang cermin di seluruh dinding, Anda cukup menaruh di satu dua sudut ruangan agar pantulan ruangan tersebut memberikan efek luas. Memasang sebagian dinding bagian atas dengan cermin juga bisa membuat ruang makan atau dapur Anda tampak lebih luas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru