6 Tips mendidik anak agar menjadi seperti Warren Buffett

Rabu, 09 Juni 2021 | 06:05 WIB Sumber: Yahoo Finance
6 Tips mendidik anak agar menjadi seperti Warren Buffett

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett, memulai usaha dari yang kecil sebelum naik ke jajaran salah satu orang terkaya di planet ini dan dia memiliki banyak nasihat untuk generasi muda investor pemberani berikutnya.

Warren Buffett percaya bahwa kebiasaan mengelola keuangan yang cerdas sejak dini kunci menjadi miliarder.

Caranya pertama-ratama tunjukkan pada anak Anda cara membelanjakan dan menabung dengan bijak untuk mempersiapkan mereka sebagai orang dewasa, baik itu melalui permainan edukasi atau alat ramah anak.

Selama bertahun-tahun Buffett telah menawarkan beberapa tips kebijaksanaan bagi orang tua tentang cara mengajar anak-anak mereka tentang uang dan bahkan membantu membuat serial animasi untuk anak-anak yang disebut Secret Millionaires Club.

Baca Juga: Tips investasi Bernard Arnault sehingga jadi orang terkaya dunia

Berikut adalah enam tips untuk mengubah anak Anda menjadi Warren Buffett berikutnya.

1. Tidak pernah terlalu dini untuk belajar

Ketika Buffett mengatakan untuk mulai mengajarkan keterampilan keuangan lebih awal, maksudnya lebih awal.

“Kadang-kadang orang tua menunggu sampai anak-anak mereka remaja sebelum mereka mulai berbicara tentang mengelola uang, padahal mereka bisa mulai ketika anak-anak mereka berada di tanam kanak-kanak,” katanya kepada CNBC.

Jadi, bagaimana Anda mengajarkan literasi keuangan kepada anak berusia tiga tahun? Lupakan pasar saham dan mulailah dengan cara yang klasik: Uang tidak tumbuh di pohon.

Anda dapat memainkan permainan papan pendidikan yang menyenangkan dengan mereka, seperti Monopoli dan Kehidupan, dan menjelaskan bahwa pengeluaran tidak semudah mengetuk kartu itu ke mana pun Anda pergi.

Baca Juga: Sederhana ala Warren Buffett: Tak pernah pindah rumah, beli mobil dengan harga diskon

Editor: Noverius Laoli
Terbaru