7 Alternatif Steam dan Epic Games, Bisa Main hingga Download Game Gratis Juga

Senin, 01 Agustus 2022 | 10:05 WIB   Penulis: Arif Budianto
7 Alternatif Steam dan Epic Games, Bisa Main hingga Download Game Gratis Juga

ILUSTRASI. 7 Alternatif Steam dan Epic Games, Bisa Main hingga Download Game Gratis Juga


KONTAN.CO.ID - Inilah 7 alternatif Steam dan Epic Games, bisa main game online hingga download game gratis juga. Dapat menjadi alternatif buat Anda yang ingin mencari hiburan dengan cara bermain game tetapi kesulitan mengakses Steam dan Epic Games.

Sulit mengakses Steam dan Epic Games? Berikut alternatif yang dapat Anda coba, bisa download game gratis hingga menemukan judul menarik yang ingin dimainkan.

Belakangan ini, gamers di Tanah Air mungkin sebagian besar sedang merasa kesulitan mengakses game favoritnya. Atau mungkin, Anda juga termasuk?

Karena Steam dan Epic Games masuh belum masuk dalam daftar PSE Kominfo, ternyata dua platform kesayangan para gamers ini benar-benar tidak dapat diakses.

Baik dalam versi website atau aplikasinya, Steam dan Epic Games tidak dapat dibuka dan hanya menampilkan pesan eror.

Anda mungkin harus mengulik beberapa cara supaya dapat mengakses Steam dan Epic Games kembali. 

Di sisi lain, mungkin masih ada beberapa gamers yang merasa kesulitan untuk mengakses Steam dan Epic Games. Jangan panik atau bingun, Anda masih bisa mengakses beberapa platform serupa, yang dapat Anda gunakan untuk menemukan berbagai judul game yang dapat dimainkan.

Bukan hanya Steam dan Epic Games, Anda dapat mengunjungi beberapa platform serupa yang menyediakan banyak judul game untuk dimiliki, bahkan beberapa mungkin tersedia secara gratis.

Bisa menjadi alternatif Steam dan Epic Games yang saat ini masih belum normal, berikut beberapa platform alternatif untuk menemukan beragam judul game, termasuk yang online juga.

Logo Steam

Baca Juga: Steam dan Epic Games Tidak Bisa Diakses? Ternyata Belum Masuk Daftar PSE Kominfo

1. Garena

Garena merupakan salah satu publisher game terkemuka. Sebelum Garena populer dengan Free Fire dan Free Fire MAX, mereka telah lebih dulu terjun di dunia game, khususnya untuk game online di PC.

Bila Anda mungkin masih kesulitan mengakses Steam dan Epic Games, Anda dapat download dan memainkan game online gratis dari Garena.

Mulai dari League of Legends untuk pecinta game MOBA hingga FIFA Online 4 yang tersedia di region Thailand. Garena Thailand juga menghadirkan salah satu game online populer Blade and Soul.

Apakah Anda ingin menjajal beberapa game rilisan Garena di PC?

2. Humble Bundle

Tak jauh berbeda dengan Steam dan Epic Games, Humble Bundle menghadirkan diskon game menarik yang dapat Anda borong.

Meskipun banyak game yang tersedia di Humble Bundle mengharuskan pemainnya untuk klaim di Steam, tetapi ada juga beberapa game yang "DRM-Free". Yang artinya, game yang sudah Anda beli bisa langsung dimainkan tanpa harus masuk ke library Steam terlebih dahulu.

Mau cobain Humble Bundle? Coba temukan diskon apa saja yang menarik di platform alternatif Steam dan Epic Games ini.

3. GOG

Serupa tapi tak sama, GOG juga merupakan salah satu platform distribusi game digital layaknya Steam atau Epic Games. Perbedaannya adalah GOG menjual game yang "DRM-Free", di mana pengguna dapat memiliki game tersebut seutuhnya tanpa harus membuka Steam atau Epic Games.

Sesuai dengan namanya, yakni Good Old Game, platform ini juga menyediakan ragam judul game lawas. Kendati demikian, Anda juga bisa menemukan beberapa judul game modern yang terbilang tidak jadul-jadul amat.

GOG ini cocok untuk para gamers yang ingin mengoleksi berbagai judul game dengan leluasa tanpa terkekang DRM.

4. Riot Games

Riot Games adalah publisher dari beberapa judul game populer, seperti League of Legends, Valorant, Legends of Runeterra hingga LoL: Wild Rift yang rilis di perangkat mobile (Android/iOS). 

Riot Games juga memiliki launcher sendiri yang memungkinkan pemain untuk download game online tersebut. Buat Anda player Valorant yang sudah main sejak awal, pasti tidak asing bukan dengan launcher Riot Games ini?

Nampaknya, player Valorant tidak begitu terasa imbasnya ketika Steam dan Epic Games sulit diakses belakangan ini. Namun demikian, player Valorant yang download lewat Epic Games sementara mungkin harus main langsung lewat launcher Riot.

Baca Juga: Link Download Stumble Guys Apk Terbaru Versi 0.39, Mau Main Map Lava Land?

5. Play Store

Gamers mobile tentu saja akrab dengan platform yang satu ini. Google Play Store merupakan layanan distribusi digital untuk game dan aplikasi di perangkat Android, termasuk HP dan tablet.

Gamers mobile dapat menemukan, download hingga main beragam judul game yang tersedia di platform tersebut. Termasuk beberapa judul game populer, baik itu Mobile Legends, PUBG Mobile, FF/ Free Fire MAX hingga Stumble Guys.

Gamers yang lagi kesulitan mengakses Steam dan Epic Games, sepertinya main game HP untuk sementara waktu bisa menjadi alternatif.

6. App Store

App Store merupakan platform distribusi digital untuk game dan aplikasi di iOS. Buat pengguna iPhone dan iPad, Anda dapat menemukan berbagai macam judul game hingga aplikasi yang dapat diunduh.

Buat para gamers yang menggunakan iPhone atau iPad, Apple juga menghadirkan layanan ekslusif yang bernama Apple Arcade. Dengan sistem berlangganan, pengguna dapat memainkan beberapa judul game ekslusif yang hanya tersedia di Apple Arcade ini.

Setidaknya ada 200 lebih judul game yang dapat Anda mainkan lewat Apple Arcade dan akan terus bertambah.

Sambil nungguin Steam dan Epic Games kembali normal, cobain langganan Apple Arcade sepertinya menarik, bukan?

7. Micorosft Store/PC Game Pass

Gamers PC masih punya alternatif untuk bermain game apabila Steam dan Epic Games tak kunjung normal. Adalah Microsoft Store yang juga menghadirkan layanan PC Game Pass dengan beragam judul game menarik.

Dengan banderol mulai Rp 14.999 per bulan untuk pengguna baru, Anda berkesempatan untuk memainkan lebih dari 100 game PC. Termasuk game ikonik dari Bethesda, dan judul-judul perdana dari Xbox Game Studios.

Tidak hanya itu saja, EA Play juga termasuk dalam konten PC Game Pass di mana Anda berkesempatan memainkan ragam judul game rilisan EA.

Masih kurang? Pelanggan Game Pass juga bakal mendapatkan diskon menarik apabila ingin membeli game tertentu melalui Microsoft Store.

Mau cobain berlangganan PC Game Pass? Kapan lagi bisa main Minecraft hingga Forza Horizon 5 dengan hemat bisa mabar sama teman-teman juga.

Mana platform alternatif Steam dan Epic Games yang mungkin belum Anda coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru