7 Cara manajemen stres yang baik dan sederhana, penting untuk mahasiswa

Rabu, 09 Desember 2020 | 18:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
7 Cara manajemen stres yang baik dan sederhana, penting untuk mahasiswa


KONTAN.CO.ID - Stres tidak hanya dialami oleh pekerja, mahasiswa juga bisa mengalaminya. Karenanya, penting bagi mereka untuk melakukan manajemen stres dengan baik.

Mengelola stres yang tepat bisa membuat seseorang lebih produktif dan bahagia.

Mengutip dari laman New York University, ada beragam faktor yang menyebabkan mahasiswa mengalami stres. Kehidupan di kampus, tugas kuliah, pergaulan, hingga masalah keluarga bisa memicu stres pada mahasiswa. 

Stres yang tidak dikelola dengan baik bisa memengaruhi nilai akademis mahasiswa. Hal tersebut juga berefek buruk pada hubungan sosial dan kesehatan mereka.

Baca Juga: 5 Teknik belajar yang efektif saat home learning

Itu sebabnya, mahasiswa perlu menerapkan cara-cara yang tepat dalam manajemen stres. Simak cara mengelola stres yang baik untuk mahasiswa di bawah ini:

  • Tidur yang cukup

Tidur yang cukup bisa membantu mengatasi stres berlebihan. Orang dewasa, termasuk pelajar, membutuhkan 7-8 jam untuk tidur tiap hari. 

Bersumber dari Very Well Mind, kurang tidur bisa mengganggu konsentrasi hingga produktivitas. 

  • Berolahraga rutin

Berolahraga bisa mengurangi hormon yang menyebabkan stres seperti adrenalin. Selain itu, olahraga juga meningkatkan kadar endorfin pada otak.

Hormon ini berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit dan memperbaiki mood. Efeknya, tubuh menjadi lebih bugar dan Anda bisa lebih bahagia. 

Ada beragam olahraga yang mudah dan murah untuk pelajar. Luangkan waktu di pagi atau sore hari untuk berlari.

Baca Juga: Tips dari pendiri Apple, Steve Jobs agar kamu jago public speaking

  • Makan makanan sehat

Makanan yang sehat bisa menjadi salah satu cara manajemen stres yang mudah. Makanan yang bergizi dan sehat bisa memaksimalkan kerja otak. 

Selain memaksimalkan kerja otak, makanan sehat juga bisa menjaga kesehatan mental. 

 

  • Mendengarkan lagu

Lagu favorit bisa menjadi penolong di kala stres melanda. Mendengarkan lagu menjadi solusi paling menyenangkan dan cepat saat sedang stres.

Mendengarkan lagu juga bisa membantu Anda menenangkan diri. Beberapa orang bahkan lebih bisa berkonsentrasi belajar sambil mendengarkan lagu.

  • Menata kamar dan jadwal

Percaya atau tidak, kamar dan jadwal yang berantakan bisa memicu stres. Untuk mengurangi stres karena jadwal dan ruangan berantakan, luangkan waktu untuk berbenah. 

Atur ulang kamar serta jadwal tugas dan belajar Anda. Cara ini bisa membantu mengelola dan mengendalikan stres pada pelajar.

Baca Juga: Asyik! Ada beasiswa S1 dari Universitas Pertamina, ini kriterianya

  • Berpikir positif

Pikiran dan energi positif bisa menjauhkan Anda dari stres yang berlebihan.  Mengutip dari Very Well Mind, berpikir positif bisa membawa dampak baik di berbagai aspek. 

Tidak hanya stres Anda berkurang, hubungan dengan orang lain hingga prestasi juga membaik. Pikirkan dan ucapkan hal-hal baik agar tubuh dan otak meresponnya dengan baik pula. 

  • Melakukan kegiatan yang disukai

Salah satu cara untuk memanajemen stres dengan baik adalah melakukan hal yang disukai. 

Luangkan waktu untuk bertemu dengan teman atau melakukan hobi. Cara ini bisa mengurangi rasa penat terhadap pelajaran atau kegiatan di kampus.

Selanjutnya: Buruan daftar! Lowongan magang di Ditjen Dikti segera tutup, ini persyaratannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: Tiyas Septiana

Terbaru