7 Cara Merawat Kucing Anggora yang Harus Diperhatikan

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:29 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
7 Cara Merawat Kucing Anggora yang Harus Diperhatikan

ILUSTRASI. Cara Merawat Kucing Anggora atau Anggora Turki. Angora cat. Foto Dok Wikipedia


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cara merawat kucing anggora perlu diketahui oleh Anda pecinta kucing jenis ini. Kucing anggora atau turkish cat adalah salah satu kucing peliharaan yang populer di Indonesia. 

Kata anggora sendiri berasal nama kota yang kini merupakan bagian dari Ankara, Turki. Ras kucing ini termasuk salah satu ras kucing yang tertua yang dipelihara manusia sejak ribuan tahun silam.

Daftar Isi

Dikutip dari laman Petfinder, meski bernama turkish cat atau kucing Turki, sejauh ini belum diketahui asal muasal kucing ini. Banyak kalangan yang menyebut kucing anggora berasal dari Asia Kecil, meski banyak pula yang meragukannya.

Nah, cara merawat kucing anggora pun sebenarnya lebih mudah dibandingkan kucing persia lantaran bulunya yang lebih pendek. Lantas, bagaimana cara merawat kucing anggora yang benar?

Baca Juga: 3 Jenis dan Harga Kucing Anggora yang Umum di Indonesia

Cara merawat kucing anggora

Cara Merawat Kucing Anggora

Berbeda dengan kucing persia yang berbulu panjang, bulu kucing anggora lebih pendek. Selain itu, lapisan bulu di bawah juga relatif tipis sehingga mudah dibersihkan.

Hal ini membuat cara merawat kucing anggora lebih mudah dibandingkan dengan cara merawat kucing persia. Namun, rambut kucing angora akan terus tumbuh sampai mereka berusia sekitar 2 tahun, jadi pemilik sebaiknya rajin menyikatnya agar tampak bersih. 

Selain itu, dalam cara merawat kucing anggora juga penting menjaga kebersihan telinga dan sekitar mata mereka. Sebab, bulu yang lebih panjang dapat menjebak kotoran di sekitar area yang berpotensi menyebabkan infeksi. 

Baca Juga: 8 Cara Merawat Kucing Persia dan Rata-rata Umur Kucing Persia

Membersihkan sekitar mata dan telinga menggunakan kain lembap sudah cukup untuk menghilangkan penumpukan kotoran. Secara lebih rinci, berikut adalah cara merawat kucing anggora seperti dirangkum dari laman Gramedia:

1. Rajin menyisir bulunya

Cara merawat kucing anggora yang pertama adalah rajin menyisir bulunya. Hal ini untuk menjaga bulunya agar tidak kusut dan berantakan. 

Selain merusak pemandangan, bulu yang kusut juga akan membuat si kucing tidak nyaman. Untuk menyisir bulu jenis Kucing Anggora yang panjang bisa menggunakan sikat logam bergigi panjang.

2. Rutin memotong kukunya

Cara merawat kucing anggora selanjutnya adalah rutin memotong kukunya paling tidak beberapa minggu sekali atau beberapa bulan sekali. Selain membuat si kucing nyaman, memotong kuku si kucing juga mengamankan beberapa barang sang pemilik yang bisa diacak-acak oleh kukunya yang panjang. 

Kuku yang panjang juga bisa membahayakan bagi si kucing, misalnya ketika ia menggaruk atau menyentuh tubuhnya. Jika memotong kuku si kucing tidak memungkinkan untuk dilakukan sendiri, Anda bisa membawanya ke dokter hewan untuk melakukannya.  

Baca Juga: 6 Jenis dan Harga Kucing Persia Serta Ciri Khasnya

Cara Merawat Kucing Anggora

3. Rutin membersihkan telinganya

Kemudian, cara merawat kucing anggora adalah rutin membersihkan telinganya beberapa minggu sekali. Hal ini perlu dilakukan secara rutin karena untuk menghilangkan semua kotoran telinga si kucing yang menumpuk. 

Kucing biasanya memiliki kebiasaan membersihkan telinganya sendiri, namun sang pemilik harus tetap memeriksanya karena telinga mereka belum tentu bersih secara keseluruhan. 

4. Menyikat gigi kucing

Selain telinga, cara merawat kucing anggora adalah rutin menyikat gigi kucing karena kebersihan gigi kucing juga berpengaruh terhadap kesehatannya dan sekitarnya. 

Jika gigi kucing tidak dirawat kemungkinan penyakit yang akan muncul adalah periodontal yang cukup fatal bagi si kucing. Gunakan pasta gigi khusus untuk kucing dan sikat yang lembut. 

5. Memberi makanan bergizi

Kemudian, cara merawat kucing anggora adalah dengan memberinya makanan bergizi terutama makanan berbasis daging karena mereka memiliki kebutuhan asupan yang banyak dari daging. Saat membeli makanan kucing, Anda harus memeriksa kembali daftar bahan dari makanan tersebut. 

Pastikan daging menjadi bahan di dua atau tiga teratas dari komposisi kemasan makanan tersebut. Berikan si kucing paling tidak lebih dari 40 persen protein.

Baca Juga: Tak Kalah Menggemaskan, Ini Dia Ras Kucing dengan Bulu Pendek

6. Sering ajak kucing berinteraksi

Kucing anggora termasuk jenis kucing yang aktif, sehingga salah satu cara merawat kucing anggora adalah sering ajak kucing bermain dan berinteraksi. 

Perkembangannya akan tidak baik jika mereka terlalu banyak diam dan melamun. 

7. Rutin membawa kucing ke dokter hewan

Setiap hewan peliharaan pasti perlu pemeriksaan rutin dari dokter hewan. Tidak terkecuali jenis kucing anggora yang perlu dipastikan kesehatannya secara teratur. Untuk itu, terakhir, cara merawat kucing anggora adalah rutin membawanya ke dokter hewan untuk memeriksa kesehatannya.  

Demikian sejumlah cara merawat kucing anggora yang benar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru