7 Kebiasaan Penyebab HP Cepat Rusak dari Hal Sepele

Rabu, 18 Oktober 2023 | 12:07 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
7 Kebiasaan Penyebab HP Cepat Rusak dari Hal Sepele

ILUSTRASI. 7 Kebiasaan yang Membuat HP Cepat Rusak dari Hal Sepele. KONTAN/Baihaki


TIPS & TRIK - JAKARTA. Inilah beberapa kebiasaan penyebab HP cepat rusak. Kerusakan perangkat HP tentu dipicu oleh berbagai faktor baik dari pengguna maupun umur perangkat.

Kehadiran Smartphone atau HP telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan untuk berbagai keperluan secara digital.

Namun, banyak di antara pengguna yang tidak menyadari bahwa kebiasaan sehari-hari yang sepele dapat menyebabkan HP cepat rusak.

Perangkat HP memiliki usia dalam rentang tak sampai belasan tahun. Hal ini karena produsen terus mempebarui software dan hardware yang mendukung kenyamanan dan kebutuhan pengguna.

Baca Juga: Inilah 7 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka di HP Android dan iPhone

Kebiasaan yang membuat HP cepat rusak

Kebiasaan yang membuat HP cepat rusak

Artinya, usia HP yang semakin tua seiring dengan penggunaannya dapat menyebabkan kondisi rusak. Pengguna perlu memahami dan menghindari kebiasaan yang membuat HP cepat rusak. Hal ini agar perangkat berharga ini tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Tentu, kerusakan HP tidak hanya berasal dari penggunanya, namun terdapat beberapa kesalahan yang timbul dari software maupun hardware.

Untuk itu, pengguna perlu memahami beberapa kebiasaan yang membuat HP cepat rusak secara tidak sadar berikut ini.

Cek beberapa hal sepele yang perlu diwaspadai oleh pengguna HP Android maupun iPhone dicatat dari laman Dynamo Cover.

1. Tidak Memakai Pelindung Layar

Salah satu kesalahan umum adalah tidak memakai pelindung layar atau casing. Tanpa perlindungan tambahan ini, HP lebih rentan terhadap goresan, retak, atau kerusakan fisik lainnya akibat benturan atau jatuh.

Investasikan dalam pelindung layar berkualitas dan casing yang cocok untuk model HP Anda untuk melindungi perangkat dari kerusakan fisik.

2. HP sering terjatuh

Kerusakan HP dapat timbul dari benturan yang terjadi pada perangkat saat terjatuh dengan tekanan tinggi. Pastikan Anda perlu menyimpan HP dengan baik dan benar saat melakukan mobilitas tinggi.

3. Pengisian daya tidak benar

HP tetap terhubung ke charger setelah baterainya penuh atau menggunakan charger yang tidak kompatibel dapat merusak baterai dan sirkuit HP. Hindari overcharging dan pastikan Anda selalu menggunakan charger asli yang direkomendasikan oleh produsen perangkat.

4. Paparan Air dan Kelembaban

HP yang terkena air atau kelembaban bisa menyebabkan kerusakan permanen pada komponen internal, seperti baterai, sirkuit, atau layar. Hindari menggunakan HP di dekat air, jangan membawa HP saat mandi, dan pastikan untuk menyimpan perangkat dengan baik dalam cuaca yang lembap.

5. Penggunaan Aplikasi yang Berlebihan

Nah, pengguna menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan atau aplikasi berat dapat menyebabkan HP menjadi lambat atau panas berlebihan.

Tutup aplikasi yang tidak digunakan, batasi notifikasi yang berlebihan, dan hindari menjalankan aplikasi yang membutuhkan banyak daya prosesor dalam jangka waktu yang lama.

6. Kegagalan Perangkat Lunak

Saat perangkat lunak atau software HP telah dimodifikasi, hal itu dapat menyebabkan HP tidak dapat digunakan.  Cek apakah perangkat telah menginstal pembaruan yang salah atau telah terinfeksi oleh virus perangkat lunak.

Hal lain yang dapat terjadi adalah kerusakan pada saat update atau pembaruan software yang tidak benar.

7. Penggunaan HP terlalu panas

Saat pengguna memakai HP untuk berbagai aplikasi berat maupun meninggalkannya terlalu lama di bawah sinar matahari tentu dapat merusak baterai.

Perubahan suhu tentunya dapat menyebabkan HP menjadi terlalu panas.

Itulah informasi terkait masalah kebiasaan penyebab HP cepat rusak sehingga patut diwaspadai oleh pengguna.

Selanjutnya: Sering Dianggap Sehat! 5 Camilan Ini Sebaiknya Dihindari Orang yang sedang Diet

Menarik Dibaca: Promo Berhadiah Indomaret 18-31 Oktober 2023, Beli 1 Gratis 1 dan Beli 2 Gratis 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru