7 Pilihan Motor Listrik Mirip Vespa dengan Harga Subsidi Mulai Rp 5 Jutaan

Senin, 29 April 2024 | 16:08 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
7 Pilihan Motor Listrik Mirip Vespa dengan Harga Subsidi Mulai Rp 5 Jutaan

ILUSTRASI. Motor Listrik Mirip Vespa dengan Harga Subsidi Mulai Rp 5 Jutaan. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


MOTOR LISTRIK - JAKARTA. Daftar kendaraan listrik yang memiliki desain Vespa Matic dengan harga Rp5 jutaan saja. Pilihan kendaraan listrik yang lebih ekonomis dapat menjadi alternatif yang menarik saat ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, minat terhadap kendaraan yang ramah lingkungan semakin meningkat, dan motor listrik menjadi semakin populer di kalangan penggemar Vespa.

Vespa dikenal sebagai kendaraan kelas premium dengan desain klasik yang diminati oleh kalangan anak muda. Namun, sayangnya, varian Vespa matic memiliki harga mulai dari Rp40 jutaan di Indonesia.

Sebagai alternatif yang lebih terjangkau, Anda dapat mempertimbangkan varian motor listrik yang memiliki desain yang serupa dengan Vespa Matic.

Baca Juga: Ini Link Daftar Konversi Motor Listrik Gratis dari ESDM

Persiapan membeli motor listrik

Daftar motor listrik mirip Vespa

Sebelum memilih motor listrik, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan agar Anda dapat membuat keputusan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan:

1. Kemampuan Jarak yang Ditempuh

Pertimbangkan jarak yang biasanya Anda tempuh setiap hari. Pastikan motor listrik yang Anda pilih memiliki daya tahan baterai yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan harian Anda tanpa perlu sering mengisi ulang daya.

2. Infrastruktur Pengisian Daya

Periksa ketersediaan dan lokasi stasiun pengisian daya di sekitar area tempuh Anda. Pastikan Anda dapat dengan mudah mengakses stasiun pengisian daya untuk menjaga daya baterai motor listrik Anda.

3. Model dan Spesifikasi

Pilih model motor listrik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan spesifikasi seperti kecepatan maksimal, akselerasi, dan kapasitas muatan jika Anda membutuhkan motor untuk membawa barang atau penumpang.

4. Harga dan Subsidi

Bandingkan harga motor listrik dari berbagai merek dan pastikan untuk memeriksa kemungkinan subsidi atau insentif pemerintah yang dapat mengurangi biaya pembelian.

5. Ketersediaan Suku Cadang dan Layanan Purna Jual

Pastikan bahwa suku cadang dan layanan purna jual untuk motor listrik yang Anda pilih mudah diakses. Ini penting untuk memastikan perawatan dan perbaikan dapat dilakukan dengan lancar.

6. Performa Baterai

Perhatikan performa baterai, termasuk waktu pengisian dan daya tahan baterai selama penggunaan sehari-hari. Baterai yang efisien dan tahan lama menjadi faktor kunci dalam pengalaman menggunakan motor listrik.

Baca Juga: Kredit Kendaraan Bermotor Sejumlah Perbankan Meningkat pada Kuartal I-2024

Motor listrik Mirip Vespa

Bagi pencari kendaraan yang mirip Vespa klasik, wajib cek rekomendasi motor listrik yang dirangkum oleh Kontan.co.id sebagai bahan pertimbangan.

  1. Uwinfly T3: Sebuah pilihan yang paling hemat dengan desain yang menyerupai Vespa dan harga sekitar Rp9 jutaan. Dilengkapi dengan kapasitas baterai yang kecil, cocok untuk digunakan dalam jarak pendek.
  2. Uwinfly T5: Versi yang lebih besar dari T3, memiliki daya sebesar 2.000 Watt, baterai 72V 20A, mampu menempuh jarak hingga 65 Km, dengan kecepatan maksimal mencapai 75 Km/Jam, dan dibanderol sekitar Rp13 jutaan.
  3. Tangkas V8: Dilengkapi dengan baterai 60V 20A, daya 800W, kecepatan maksimal mencapai 60 Km/Jam, serta mampu menempuh jarak hingga 60 Km. Dilengkapi dengan ban R10 tubeless, rem cakram depan, dan mampu menampung beban maksimal 200 Kg. Harga yang ditawarkan sekitar Rp11 jutaan.
  4. Exotic Sprinter Pro Max: Memiliki daya 1200 Watt, mampu mencapai kecepatan maksimal 65 Km/Jam, dengan 3 mode kecepatan yang dapat disesuaikan, dan mampu menempuh jarak hingga 55 Km. Mampu menampung beban maksimal 150 Kg, dan dijual dengan harga sekitar Rp10 jutaan.
  5. BF Goodrich V7: Mengusung gaya retro yang mirip dengan Vespa Primavera, dilengkapi dengan baterai 60V yang memiliki waktu pengisian selama 6-8 jam. Mampu mencapai kecepatan maksimal 45 Km/Jam, dan mampu menempuh jarak hingga 55 Km. Dijual dengan harga sekitar Rp14 jutaan.
  6. VSPA Imoto Bravo: Dilengkapi dengan baterai lithium 72V55A, motor 1500W, dengan kecepatan maksimal mencapai 42-55 Km/Jam, serta fitur-fitur modern seperti LED, panel LCD, dan USB. Dilengkapi juga dengan suspensi teleskopik & ganda, dan dijual dengan harga sekitar Rp26 jutaan.
  7. ZPT NYXL: Salah satu pendatang baru ini dilengkapi baterai SLA dnegan daya 1200 watt. Tercatat jarak tempuh dalam satu kali pengisian adalah 70km. Varian ini cukup dibanderol Rp5 jutaan setelah subsidi dengan sistem indent 3-5 bulan.

Sebelum membeli, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan pribadi, budget, dan fitur yang diinginkan untuk memilih motor listrik yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

Anda juga perlu memahami persyaratan dalam pembelian motor listrik dalam program subsidi dari pemerintah.Demikian informasi beserta tips dalam membeli kendaraan motor listrik yang mirip Vespa matic dengan banderol murah dan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru