Kenali 4 Varian Motor Listrik Rakata, Harga Termurah Mulai Rp 17 Jutaan

Rabu, 08 November 2023 | 16:09 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Kenali 4 Varian Motor Listrik Rakata, Harga Termurah Mulai Rp 17 Jutaan

ILUSTRASI. Kenali 4 Varian Motor Listrik Rakata, Harga Termurah Mulai Rp 17 Jutaan


MOTOR LISTRIK - JAKARTA. Simak daftar harga motor listrik Rakata S9 hingga NX3 wilayah Jabodetabek. Motor listrik atau molis kini sedang digemari dengan berbagai kenyamanan yang menjanjikan.

Motor listrik Rakata jenis kendaraan yang menggunakan tenaga listrik sebagai sumber daya utama untuk menggerakkan roda dan beroperasi.

Berbeda dengan motor konvensional yang menggunakan mesin pembakaran dalam yang mengandalkan bahan bakar fosil seperti bensin atau diesel, motor listrik memanfaatkan motor listrik atau mesin elektromagnetik untuk menghasilkan gerakan dan tenaga.

Salah satu merek yang memiliki varian motor listrik menengah ke atas adalah Rakata.

Baca Juga: Ini 6 Cara Merawat Motor Listrik untuk Pemula Tanpa ke Bengkel

Keunggulan motor listrik Rakata

Motor listrik

Ada beberapa keunggulan yang dapat ditemukan pada motor listrik Rakata. Salah satunya adalah perawatan kendaraan yang sangat simpel dan ekonomis, tanpa harus mengorbankan kinerja motor.

Berbeda dengan motor konvensional dengan bensin yang memerlukan penggantian oli dan perawatan berkala lainnya.

Mesin motor Rakata terletak pada sistem penggerak tanpa friksi yang terpasang di roda belakang.

Anda tidak lagi perlu repot pergi ke pom bensin, mengantre, dan mengisi bahan bakar. Pengisian daya dapat dilakukan di rumah atau di lokasi umum yang menyediakan soket listrik khusus.

Baca Juga: Kemenperin: Kinerja Industri Pengolahan Lampaui PDB Nasional pada Kuartal III-2023

Biaya pengisian baterai lebih irit

Melansir dari laman Rakata, biaya pengisian baterai motor juga tergolong ekonomis jika dibandingkan dengan pengisian bahan bakar pada motor konvensional.

Dengan menggunakan tarif listrik sebesar Rp1.467 per kilowatt-jam (Kwh) dan kapasitas baterai sebesar 1,2 Kwh, biaya pengisian baterai akan mencapai Rp1.760 untuk jarak tempuh maksimum 60 kilometer, sehingga biaya per kilometer untuk motor listrik adalah sekitar Rp 29,33.

Dalam perbandingan, motor konvensional menggunakan bahan bakar jenis BBM dengan pembelian Rp9.000, dan memiliki rasio konsumsi bahan bakar 1:30.

Sehingga, biaya bahan bakar untuk menempuh jarak 60 kilometer adalah sekitar Rp 18.000, sehingga biaya per kilometer untuk motor bensin adalah sekitar Rp 300.

Baca Juga: Volta Sediakan Motor Listrik Sebagai Armada Operasional AstraZeneca Indonesia

Salah satu unggulan dari Rakata adalah motor listrik Rakata X5 yang dibanderol mulai Rp19 jutaan atau harga OFF The Road.

Ditenagai oleh motor Bosch 1750 Watt, motor ini memiliki jarak tempuh hingga 60 kilometer dengan kecepatan maksimum 50 kilometer per jam. Dengan dimensi 1720 x 650 x 1100 mm, kendaraan ini dilengkapi dengan rem cakram depan dan belakang untuk mengoptimalkan pengendalian.

Motor ini dilengkapi dengan baterai lithium removable berkapasitas 60V 23,4 Ah, motor ini juga memiliki kemampuan menanjak hingga kemiringan 30 derajat.

Mengenai garansi, pihak pabrikan ungkap bahwa terdapat garansi resmi baterai selama 2 tahun, motor dinamo selama 2 tahun, controller selama 1 tahun, dan charger selama 1 tahun.

Baca Juga: Neta Auto Resmi Umumkan Harga Mobil Listrik Neta V Dibanderol Rp 379 Juta

Sedangkan, varian termurah dari Rakata ada Rakata S9 dengan banderol Rp 17 jutaan. Motor listrik ini memiliki jarak tempuh hingga 60 kilometer dengan kecepatan maksimum mencapai 49 kilometer per jam.

Ditenagai oleh motor High Power berkekuatan 800 watt (puncak) dengan frekuensi variabel, motor ini memiliki dimensi 1735 x 770 x 1050 mm yang menjadikannya sebagai kendaraan yang nyaman.

Ada juga varian tangguh seperti rival dari Yamaha NMAX, Rakata NX3 dan Motor sporty yakni Rakata NX8.

Informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi diler Rakata terdekat untuk pemesanan motor listrik pilihan Anda.

Untuk itu, Anda bisa cek daftar harga motor listrik Rakata semua varian dengan status ON The Road dilansir dari laman marketplace resmi Tokopedia.

Harga motor Rakata 

  • Rakata S9 mulai Rp17.000.000.
  • Rakata X5 mulai Rp22.100.000
  • Rakata NX3 mulai Rp41.100.000
  • Rakata NX8 mulai Rp54.750.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru