Ini 6 Cara Merawat Motor Listrik untuk Pemula Tanpa ke Bengkel

Rabu, 08 November 2023 | 12:09 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 6 Cara Merawat Motor Listrik untuk Pemula Tanpa ke Bengkel

ILUSTRASI. Ini 6 Cara Merawat Motor Listrik untuk Pemula Tanpa ke Bengkel. (KONTAN/Muradi)


Cara Merawat Motor Listrik - JAKARTA. Intip cara merawat motor listrik untuk pemula tanpa ke bengkel. Kondisi motor listrik yang berbeda dengan motor konvensional tentu memerlukan perawatan pula.

Perawatan sepeda motor listrik melibatkan serangkaian tindakan untuk menjaga sepeda motor listrik Anda dalam kondisi yang baik, meningkatkan umur pakainya, dan memastikan kinerjanya optimal.

Perawatan yang baik juga dapat membantu mencegah masalah dan meminimalkan biaya perbaikan.

Perawatan yang baik akan membantu memperpanjang umur sepeda motor listrik dan menjaga kinerjanya tetap optimal. Jika Anda memiliki pertanyaan khusus tentang perawatan sepeda motor listrik Anda, selalu periksa panduan pemilik yang disediakan oleh produsen.

Baca Juga: Sudah Ada Subsidi, Pembelian Motor Listrik kok Masih Minim?

Cara merawat motor listrik

Motor listrik

Ada beberapa motor listrik yang memiliki batasan seperti bobot maksimal muatan hingga kecepatan maksimal yang mampu dicapai oleh kendaraan.

Sehingga, pemilik perlu memperhatikan dengan baik apabila terjadi perubahan kondisi mesin, tarikan, hingga baterai.

Berbeda dengan motor konvensional, motor listrik seringkali memerlukan perawatan yang lebih sedikit dan lebih sederhana.

Namun, perawatan yang tepat untuk motor listrik tetap penting untuk menjaga baterai dan komponen elektroniknya dalam kondisi baik.

Baca Juga: Ini 7 Penyebab Mesin Motor Mati Mendadak dan Cara Mengatasinya

Untuk itu, kenali beberapa tips dalam perawatan motor listrik tanpa perlu ke bengkel dilansir dari laman Tromox.

1. Pembersihan rutin

Sepeda motor listrik Anda perlu dibersihkan secara rutin untuk menjaga kondisi kerja tetap sempurna. Kehadiran kotoran dan lumpur pada kendaraan Anda dapat menyebabkan kerusakan dan keausan pada berbagai bagian sepeda.

Berikut beberapa tips membersihkan sepeda motor listrik Anda:

  • Anda perlu menyiapkan ember, selang berdaya rendah, sikat lembut, kain bersih, dan produk pencuci ringan saat membersihkan bagian motor tertentu.
  • Pastikan Anda sudah mematikan semua sistem dan tutup semua sambungan listrik sebelum Anda mencuci
  • Tutup port pengisian daya sebelum mencuci untuk menghindari masuknya air. Untuk membersihkan bagian ini, gunakan sikat lembut dan penyedot debu untuk menghilangkan debu dan lumpur
  • Gunakan deterjen ringan untuk membersihkan komponen seperti motor hub, drivetrain, dan ban.
  • Setelah dibersihkan dan dikeringkan dengan benar, oleskan pelumas pada bagian yang bergerak untuk menghindari karat dan gesekan

2. Perawatan baterai

Baterai sepeda motor listrik adalah jantungnya kendaraan Anda, sama seperti halnya bensin dan oli pada motor konvensional. Saat Anda tidak merawat bagian vital ini dengan baik, sepeda motor listrik Anda akan menimbulkan masalah.

Baterai dapat bertahan hingga 5 tahun atau lebih dengan perawatan yang tepat. Anda perlu mengisi daya baterai dengan benar untuk memperpanjang masa pakainya dan menghindari kerusakan.

Pastikan Anda sudah memahami buku manual pabrikan baik dari cara melepas, mengisi daya, dan memperbaiki baterai dengan benar.

Anda ingin menghindari pengisian daya yang berlebihan atau pengisian yang terlalu rendah. Jadi saat mengisi daya, gunakan pengisi daya yang sesuai dan ikuti langkah-langkah yang benar untuk mengisi daya baterai.

Baterai rusak jika terkena suhu ekstrem, sehingga Anda perlu mengisi dan menyimpan baterai sepeda motor listrik pada suhu ruangan. Pastikan saat pemakaian, Anda tidak membiarkannya terkuras habis sebelum mengisi dayanya.

3. Perawatan rem dan minyak rem

Sama seperti kendaraan dengan bahan bakar bensin, sepeda motor listrik memiliki rem yang memerlukan perawatan rutin. Untuk merawat rem, Anda perlu memperhatikan bantalan rem, tuas, cakram, dan kabel.

Selain itu, rekomendasikan untuk mengganti minyak rem Anda setiap dua tahun atau sesuai rekomendasi manual pabrikan.

Anda juga harus terus-menerus memeriksa kabel dan tuas apakah ada robekan dan keausan.

4. Pelumasan bagian yang bergerak

Bagian-bagian yang bergerak pada sepeda motor listrik Anda memerlukan pelumasan secara teratur untuk merawatnya. Apabila tidak, bagian-bagian ini dapat berkarat dan menyebabkan lebih banyak gesekan pada sepeda Anda.

Misalnya, drivetrain perlu dicuci dan dilumasi secara teratur agar tetap dalam kondisi kerja yang baik.

Bagian lain yang perlu dilumasi termasuk roda gigi dan bantalan. Jika sering digunakan, bagian-bagian ini cenderung rusak jika tidak dibersihkan dan diminyaki dengan benar.

Namun, sebelum melumasi, periksa panduan pabrikan Anda untuk mempelajari bagian-bagian yang memerlukan pelumasan dan cara melakukannya dengan benar.

5. Cek aplikasi perangkat lunak

Produsen motor listrik biasanya memberikan fitur aplikasi perangkat lunak untuk memberikan informasi dan pembaruan tentang sepeda motor listrik.

Anda ingin memperhatikan pembaruan rutin aplikasi dan perangkat lunak ini. Ini akan memastikan informasi status kendaraan dan memperpanjang umur baterai dan suku cadang lainnya.

Beberapa merek seperti United memiliki beberapa fitur aplikasi yang berguna untuk menyalakan mesin motor listrik.

6. Cek tekanan ban

Sebelum mengendarai sepeda motor listrik, tips perawatan yang baik adalah dengan memeriksa tekanan ban.

Jika tidak, Anda berisiko terjatuh dan melukai diri sendiri. Oleh karena itu, Anda ingin mengetahui status tekanan ban apakah perlu diisi ulang atau tidak apa-apa.

Meskipun tidak ada tekanan ban yang tepat, Anda dapat memeriksa panduan pabrikan untuk mengetahui tekanan ban yang direkomendasikan dan menggunakan pengukur tekanan untuk memeriksa statusnya.

Itulah sederet tips perawatan motor listrik untuk pemula yang wajib Anda pahami sebagai pemiliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru