7 Wisata Kuliner di Nusa Tenggara Timur yang Enak dan Menarik Dicoba

Sabtu, 20 Juli 2024 | 21:05 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Wisata Kuliner di Nusa Tenggara Timur yang Enak dan Menarik Dicoba

ILUSTRASI. Simak beragam wisata kuliner di Nusa Tenggara Timur yang enak dan menarik untuk dicoba.


KULINER - Simak beragam wisata kuliner di Nusa Tenggara Timur yang enak dan menarik untuk dicoba. Tak hanya kuliner, banyak juga destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur yang juga menarik untuk dikunjungi.

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah provinsi yang terdiri dari berbagai pulau dengan keindahan alam yang memukau. Selain keindahan alamnya, NTT juga memiliki kekayaan kuliner yang khas dan unik. 

Melansir dari laman Warisan Budaya Takbenda Indonesia, Se’i menjadi salah satu kuliner dari Nusa Tenggara Timur berupa daging asap yang kini mulai banyak disukai oleh pecinta kuliner.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Cilacap yang Menarik Untuk Dicoba

Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Nusa Tenggara Timur yang wajib Anda coba:

1. Se’i Sapi

Se’i adalah daging asap yang menjadi makanan khas NTT, khususnya di Pulau Timor. Se’i sapi dibuat dari daging sapi yang diasap menggunakan kayu kosambi sehingga memberikan aroma dan rasa yang khas. Biasanya, se’i disajikan dengan sambal lu'at yang pedas dan sayur daun pepaya.

2. Kolo

Kolo adalah nasi bakar khas Manggarai, Flores. Nasi dimasukkan ke dalam bambu dan dibakar hingga matang. Kolo biasanya dimakan saat acara adat atau perayaan tertentu. Rasanya yang gurih dan aroma bambu yang khas membuat kolo sangat istimewa.

Baca Juga: Daftar Wisata Kuliner di Ambon yang Menarik Perhatian dan Wajib Dicoba, Apa Saja?

3. Jagung Bose

Jagung bose adalah hidangan tradisional yang terbuat dari jagung yang direbus bersama santan. Hidangan ini sering kali disajikan dengan ikan bakar atau sayur rumpu rampe. Jagung bose adalah makanan pokok bagi masyarakat di Pulau Timor dan Rote.

4. Lawar Ikan

Lawar ikan adalah salad tradisional dari ikan mentah yang dicampur dengan kelapa parut, daun kemangi, dan bumbu rempah khas. Hidangan ini sering ditemukan di daerah Alor. Rasanya segar dan kaya akan cita rasa khas Nusantara.

5. Catemak Jagung

Catemak jagung adalah sup tradisional yang terbuat dari jagung, kacang-kacangan, dan labu. Hidangan ini biasa disantap sebagai makanan penutup karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Catemak jagung sangat cocok disantap dalam keadaan hangat.

Baca Juga: Harga Emas Antam Logam Mulia Hari Ini Senin (15/07/2024) Turun Tipis

6. Tapa Kolo

Tapa kolo adalah hidangan khas dari Sumba yang terbuat dari daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan bumbu khas dan dimasukkan ke dalam bambu, lalu dibakar hingga matang. Proses memasak dengan bambu memberikan rasa yang unik dan aroma yang khas pada tapa kolo.

7. Sambal Lu’at

Sambal lu'at adalah sambal khas NTT yang terbuat dari campuran cabai, tomat, bawang, dan jeruk nipis. Sambal ini memiliki rasa yang sangat pedas dan sering disajikan bersama se’i atau ikan bakar. Sambal lu'at memberikan sensasi pedas yang khas dan sangat cocok untuk pecinta makanan pedas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru