Edukasi

8 Cara mendukung kreativitas anak dari Kemendikbud

Selasa, 10 November 2020 | 18:25 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
8 Cara mendukung kreativitas anak dari Kemendikbud


KONTAN.CO.ID -  Salah satu kemampuan yang penting untuk menghadapi perkembangan zaman adalah kreatif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud punya cara mendukung kreativitas anak.

Inovasi-inovasi yang terbaru dan unik muncul dari ide-ide kreatif. Mampu berpikir kreatif akan membantu anak bertahan di zaman yang terus berkembang. 

Kreativitas bisa membantu anak menjadi pribadi yang percaya diri. Keterampilan sosial dan kemampuan belajar mereka juga lebih baik.

Melalui unggahan di Instagram resminya (8/11/2020), Kemendikbud memberikan tips untuk mendukung kreativitas anak. Berikut cara mendukung kreativitas anak dari Kemendikbud: 

  • Melakukan kegiatan bersama

Anda bisa mencoba melakukan berbagai kegiatan bersama anak. Ikatan Anda sebagai orangtua dengan buah hati bisa lebih kuat dengan cara ini. 

Kehadiran Anda menjadi salah satu cara mendukung dan mengembangkan kreativitas anak.

Baca Juga: Yuk latih motorik halus anak dengan 4 cara yang menyenangkan ini

cara meningkatkan kreativitas anak

  • Mengurangi kontrol orang tua

Biarkan anak mengeksplorasi kreativitasnya dengan mencoba berbagai hal. Saat mereka bermain, biarkan anak mencoba berbagai permainan. 

Namun demikian, tetap awasi agar keamanan dan kenyamanan mereka terjaga. 

  • Membuat kegiatan sederhana

Buatlah beragam kegiatan yang bisa dicoba anak. Pastikan kegiatan tersebut cukup sederhana agar anak mudah mengikutinya. 

  • Mendorong daya imajinasi anak

Berikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan daya imajinasinya. Biarkan mereka berimajinasi sebanyak-banyaknya agar daya kreativitasnya terasah. 

Baca Juga: Tidak perlu bingung, ini 5 cara ampuh menghadapi emosi anak yang sering berubah

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru