8 Film tentang Kemerdekaan Indonesia, Cocok Ditonton untuk Rayakan HUT RI Ke-77

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:54 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
8 Film tentang Kemerdekaan Indonesia, Cocok Ditonton untuk Rayakan HUT RI Ke-77

ILUSTRASI. Soekarno, salah satu film tentang Kemerdekaan Indonesia.


KONTAN.CO.ID -  Jakarta. Film tentang Kemerdekaan Indonesia bisa menjadi tontonan sebagai gambaran perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan RI. 

Seperti diketahui, HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 sudah tinggal menghitung hari. 

Daftar Isi

Ada banyak cara untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Salah satunya menonton sejumlah film tentang Kemerdekaan Indonesia. 

Lantas, apa saja daftar film tentang Kemerdekaan Indonesia? 

Baca Juga: Memahami Arti dan Makna Penting Proklamasi Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia

Film tentang Kemerdekaan Indonesia 

Berikut adalah daftar film tentang Kemerdekaan Indonesia yang bisa coba Anda tonton di rumah:

1. Merah Putih (2009)

Merah Putih adalah film pertama dalam trilogi Merdeka. Film tentang Kemerdekaan Indonesia ini disutradai oleh Yadi Sugandi dan dibintangi oleh sejumlah aktor ternama. 

Di antaranta Astri Nurdin, Lukman Sardi, Darius Sinathrya, Donny Alamsyah, dan T. Rifnu Wikana. Film ini berkisah tentang perjuangan bangsa Indonesia melawan tentara Belanda pada tahun 1947. 

Dirangkum dari laman Perpusatakaan Nasional, Merah Putih tergolong film yang sangat mahal. Ketiga film dalam trilogi ini  diproduksi dengan biaya 6 juta dolar AS atau setara dengan Rp 60 miliar untuk biaya produksi ketiga film dalam trilogi tersebut, termasuk juga kegiatan promosi ke sejumlah negara di luar negeri.

Baca Juga: Promo Merdeka Hokben, Banyak Diskon di GoFood dan GrabFood 2-14 Agustus 2022

Film Merah Putih berkisah tentang Amir (Lukman Sardi), Tomas (Donny Alamsyah), Dayan (Teuku Rifnu), Soerono (Zumi Zola), dan Marius (Darius Sinathrya) adalah lima kadet yang mengikuti latihan militer di sebuah kota di Jawa Tengah. 

Masing-masing mempunyai latar belakang, suku, dan agama yang berbeda. Suatu ketika, kamp tempat mereka berlatih diserang tentara Belanda. Seluruh kadet kecuali Amir, Tomas, Dayan dan Marius terbunuh. 

Mereka yang berhasil lolos, bergabung dalam pasukan gerilya di pedalaman Jawa. Di sana, mereka mengatur strategi untuk mengalahkan banyak pasukan Belanda.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Bendera Merah Putih Pertama serta Makna Dibalik Warnanya

2. Darah Garuda (2010)

Film tentang Kemerdekaan Indonesia selanjutnya adalah Darah Garuda. Darah Garuda adalah film kedua dalam trilogi Merdeka. 

Film ini berkisah tentang keempat lelaki muda bersatu untuk melancarkan sebuah serangan nekat terhadap kamp tawanan milik Belanda, demi menyelamatkan para perempuan yang mereka cintai.

Mereka bertemu dengan kelompok lain dari separatis Islam, juga sekutu baru maupun yang potensial berkhianat : mata-mata kolonial dengan pangkatnya sendiri dan sekutu orang-orang sipil dari jalanan ; dan musuh lama yang bertanggungjawab atas intelejen Belanda. 

3. Hati Merdeka (2011)

Hati Merdeka adalah film ketiga dalam trilogi Merdeka dengan mengambil latar tahun 1947-1948. Film ini masih berkutat tentang perjuangan para tokoh di film Merah Putih dalam melawan Belanda.

Baca Juga: Promo HokBen Merdeka di Agustus 2022, Super Bowl & Potongan Harga Lewat Grabfood

4. Film Soekarno (2013)

Selain trilogi Merdeka, film Soekarno juga menjadi salah satu film tentang Kemerdekaan Indonesia yang bisa Anda coba tonton di rumah. Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diproduseri Raam Punjabi. 

Dikutip dari laman Perpusnas, cerita dimulai tahun 1920an, saat Soekarno muda tinggal di rumah HOS Cokroaminoto di Surabaya. Dari Cokroaminoto, Soekarno belajar menundukkan hati rakyat. Rakyat merupakan inspirasi Soekarno melakukan perjuangan melawan penjajah. 

Keinginan Soekarno satu: melihat Indonesia merdeka. Perjuangannya menghadapi pemerintah Belanda dan melawan kekejaman penjajah Jepang, membuat Soekarno harus menjalani kehidupan dari penjara ke penjara. 

Dari lokasi pengasingan di Ende hingga Bengkulu. Masa pembuangan di Bengkulu mempertemukan Soekarno dengan Fatmawati. Ketertarikan Soekarno terhadap Fatmawati, sama besarnya dengan hasratnya melihat Indonesia merdeka.

Baca Juga: Jokowi Anugerahkan Tanda Kehormatan Sastrawan Ajip Rosidi hingga Arkeolog Mundardjito

5. Battle of Surabaya (2015)

Battle of Surabaya adalah film animasi 2D, drama, aksi dan sejarah Indonesia produksi MSV Pictures. Karya perdana sutradara muda Aryanto Yuniawan ini menampilkan tokoh dan cerita fiktif, tetapi berlatar belakang sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada saat perang Surabaya 1945

6. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

Guru Bangsa Tjokroaminoto adalah salah satu film ketiga tentang Kemerdekaan Indonesia yang dirilis pada 9 April 2015. Disutradari oleh Garin Nugroho, Guru Bangsa Tjokroaminoto dibintangi oleh Reza Rahadian, Christoffer Nelwan dan Putri Ayudya.

Dirangkum dari laman Tribunnews, film ini berkisah tentang perjuanagan seorang aktivis yang berasal dari Jawa yaitu Oemar Said Tjokroaminoto untuk melawan rezim penjajah.

Langkah yang Tjokroaminoto ambil untuk melawan rezim penjajah adalah mendirikan partai Sarekat Islam.

Baca Juga: Lirik Lagu 17 Agustus Hari Merdeka: Makna, Pencipta, dan Sejarahnya

7. Jenderal Soedirman (2015)

Selanjutnya, film tentang Kemerdekaan Indonesia adalah Jenderal Soedirman. 

Jenderal Soedirman merupakan film biopik yang menceritakan perjuangan salah satu pahlawan indonesia, Jenderal Soedirman. Pada film ini, cerita berfokus pada perjuangan Jenderal Soedirman dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

8. Perburuan (2019)

Perburuan adalah film tentang perjuangan mantan komandan pleton untuk mencapai penjajahan yang diadaptasi dari Novel Pramoedya Ananta Toer dan dibintangi oleh Adipati Dolken. 

Dikutip dari Tribunnewswiki.com, film Perburuan disutradarai oleh Richard Oh yang pernah menyutradarai film Koper, Terpana, dan Melancholy Is A Movement. 

Demikian kumpulan rekomendasi film tentang Kemerdekaan yang bisa Anda tonton di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru