8 Tempat Wisata di Purwakarta yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan, Sudah Pernah?

Jumat, 14 Juni 2024 | 12:59 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
8 Tempat Wisata di Purwakarta yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan, Sudah Pernah?

ILUSTRASI. Sebuah kapal cepat berlayar menuju Pulau Biru di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (19/6/2019). Pemerintah bersama Perum Jasa Tirta II bersepakat untuk mengembangkan sektor pariwisata air yang berada di Waduk Jatiluhur dengan harapan dapat meningkatkan fungsi sosial dan fungsi konservasi atau penataan lingkungan untuk mengembangkan nilai ekonomi masyarakat. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/wsj.


WISATA - Simak beberapa tempat wisata di Purwakarta yang menarik dikunjungi saat liburan Idul Adha 2024 mendatang. Purwakarta, sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, menawarkan berbagai destinasi wisata yang memukau. 

Dikenal dengan keindahan alam dan budayanya, Purwakarta menjadi salah satu tujuan favorit bagi para wisatawan yang ingin menikmati liburan yang berbeda. 

Tak hanya tempat wisata, Purwakarta juga memiliki berbagai kuliner yang menggugah selera dan menarik untuk dicoba.

Baca Juga: Ada Cristiano Ronaldo, 25 Skuad Pemain Timnas Portugal dan Jadwal di Euro 2024

Melansir dari Pemda Purwakarta, Luas wilayah Kab. Purwakarta tercatat 971,72 km2 atau sekitar 2,81 persen dari luas wilayah Prop. Jawa Barat. Sehingga, tak heran Purwatkarta memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi:

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Purwakarta yang menarik untuk dikunjungi saat liburan:

1. Situ Buleud

Situ Buleud merupakan danau buatan yang terletak di pusat kota Purwakarta. Dikelilingi oleh taman yang indah, tempat ini cocok untuk berjalan-jalan santai, berolahraga, atau sekadar duduk menikmati pemandangan. Pada malam hari, danau ini diterangi oleh lampu-lampu yang menambah suasana romantis.

Baca Juga: Simak 5 Tempat Wisata di Palembang yang Menarik Untuk Dikunjungi

2. Kampung Tajur

Bagi yang tertarik dengan wisata budaya, Kampung Tajur adalah pilihan yang tepat. Kampung ini mempertahankan adat Sunda yang kental dan menawarkan berbagai kegiatan seperti belajar membuat kerajinan tangan, memasak makanan tradisional, dan mengenal lebih dalam tentang kehidupan masyarakat Sunda. Pengalaman ini akan memberikan wawasan yang berharga tentang budaya lokal.

3. Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga adalah salah satu atraksi terbaru dan terpopuler di Purwakarta. Taman ini memiliki air mancur menari terbesar di Asia Tenggara yang disertai dengan pertunjukan musik dan cahaya. Pertunjukan air mancur ini biasanya berlangsung pada akhir pekan dan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

4. Bukit Panenjoan

Untuk para pencinta alam dan pendaki, Bukit Panenjoan adalah tempat yang sempurna. Bukit ini menawarkan pemandangan indah dari ketinggian, termasuk panorama perbukitan dan sawah yang menyejukkan mata. Jalur pendakian yang relatif mudah membuatnya cocok untuk pendaki pemula.

Baca Juga: Rekomenadasi 7 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

5. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan adalah destinasi wisata yang menawarkan berbagai fasilitas rekreasi dan penginapan. Terletak di dataran tinggi, tempat ini menyediakan kolam renang dengan pemandangan alam yang menakjubkan, area bermain anak, serta kebun buah. Tempat ini ideal untuk liburan keluarga yang menyenangkan dan mengesankan.

6. Curug Cipurut

Purwakarta juga memiliki air terjun yang menawan, yaitu Curug Cipurut. Terletak di tengah hutan yang rimbun, air terjun ini menawarkan suasana yang sejuk dan alami. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil berenang atau berendam di kolam alami di bawah air terjun.

7. Sumber Air Panas Ciracas

Sumber Air Panas Ciracas merupakan tempat yang cocok untuk relaksasi. Air panas alami ini dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan kulit dan tubuh. Selain berendam, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan sekitar yang asri dan tenang.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Listrik Murah yang Cocok Dibeli Tahun 2024, Apa Saja?

8. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur adalah waduk terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai aktivitas air seperti berlayar, memancing, dan olahraga air lainnya. Di sekitarnya, terdapat restoran dengan pemandangan indah serta fasilitas penginapan yang nyaman, menjadikan waduk ini tempat yang ideal untuk liburan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru