9 Kesalahan Dekorasi Feng Shui yang Umum Ditemukan, Coba Perhatikan Lagi Yuk!

Selasa, 02 Agustus 2022 | 14:04 WIB   Penulis: Arif Budianto
9 Kesalahan Dekorasi Feng Shui yang Umum Ditemukan, Coba Perhatikan Lagi Yuk!


FENG SHUI - Jakarta. Inilah 9 kesalahan Feng Shui yang umum ditemukan, coba perhatikan lagi yuk! Bila Anda mengikuti atau baru memulai dekorasi yang berdasarkan Feng Shui, jangan ulangi lagi ya!

Mendekorasi rumah adalah salah satu hal yang lumrah dilakukan untuk memoles hunian kita terlihat lebih indah tanpa menghilangkan rasa nyaman ketika berada di dalamnya.

Namun tidak jarang, beberapa orang mungkin tidak memperhatikan hal tertentu yang tanpa disadari melakukan kesalahan ketika mendekorasi rumah berdasarkan prinsip Feng Shui.

Melansir The Spruce, berikut 9 kesalahan yang umum dilakukan ketika mendekorasi rumah berdasarkan Feng Shui. Harap diingat, tidak semuanya adalah penyesuaian Feng Shui, jadi jika Anda melakukan satu atau mungkin lebih banyak kesalahan Feng Shui ini, tidak apa-apa.

Rumah Anda adalah istana Anda, dan bukan karena penerapan Feng Shuinya. Selengkapnya, berikut ini beberapa kesalahan dekorasi Feng Shui yang umum ditemukan.

Baca Juga: Mengenal Prinsip Dasar Feng Shui, Termasuk Komponen 5 Elemen dan Peta Bagua

Makrame sebagai dekorasi rumah

1. Bunga dan tanaman yang kering atau layu 

Tanaman hijau dan bunga segar membawa energi kehidupan positif ke dalam rumah dan merupakan salah satu penerapan Feng Shui yang sangat baik.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk buanga dan tanaman yang tidak dirawat dengan baik sehingga layu atau bahkan kering. Termasuk tanaman dan bunga yang diawetkan dan atau dikeringkan. 

Mereka tidak lagi hidup, jadi mereka tidak menghadirkan energi kehidupan apa pun. Jika tanaman tidak dalam kondisi yang baik, lakukan perawatan yang baik sehingga tanaman tersebut dapat terlihat segar kembali.

Intinya, apabila Anda meletakkan tanaman di dalam rumah pastikan dirawat dengan baik dan jangan sampai kering.

2. Tanaman yang tajam, berduri atau runcing

Masih berkaitan dengan tanaman, nampaknya pikirkan kembali bila Anda ingin menambahkan dekorasi tanaman yang tajam, berduri atau runcing ke dalam rumah.

Dalam Feng Shui, bentuk-bentuk ini menciptakan enerti tajam yang kebanyakan orang ingin hindari. Pilihlah tanaman dengan daun yang membulat, ini akan mengundang energi yang lebih baik ke dalam rumah Anda.

Tetapi, misalnya Anda lebih menyukai kaktus, dapat diterima bahwa ini masih bisa menjadi alternatif apabila masih belum ada tanaman di dalam rumah Anda sebagai dekorasi.

Baca Juga: Sulit Tidur? Ini Tips Feng Shui untuk Mengatur Tempat Tidur di Kamar Anda

3. Cermin rusak atau buram

Cermin merupakan simbol dari sebagian besar budaya. Ketika cermin datar dan jelas, benda tersebut dapat memperluas pandangan Anda dan mencerminkan ajaran batin.

Oleh karena itu, cermin yang rusak atau buram tidak akan mengatakan yang sebenarnya.

Kaca spion yang pecah juga berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan karena tidak dapat menampilkan dengan baik apa yang di berada di belakangnya.

Bila memungkinkan, gunakan cermin yang bening dan dipoles yang memantulkan dengan jelas.

4. Bagua Mirror atau Cermin Bagua

Cermin Bagua digunakan untuk membelokkan energi yang tidak diinginkan. Sayangnya, benda Feng Shui yang sakral ini seringkali ditempatkan secara tidak benar.

Cermin Bagua tidak boleh digunakan dalam mendekroasi interior rumah. Itu selalu terletak di bagian rumah. 

Benda ini membutuhkan rekomendasi ahli Feng Shui apabila ingin menempatkannya di rumah.

5. Pernak pernik khas Asia

Meskipun Feng Shui populer di wilayah Asia, bukan berarti benda atau pernak-pernik yang berasal dari Asia memiliki fungsi yang berkaitan dengan Feng Shui.

Bila Anda mungkin mengerti fungsi dari benda tersebut dan apa alasannya diletakkan di dalam rumah, itu tidak apa-apa.

6. Menyimpan barang di bawah tempat tidur

Meskipun lebih praktis, ini bukanlah Feng Shui yang baik untuk menyimpan barang di bawah tempat tidur Anda.

Ini berlaku untuk kotak penyimpanan, laci atau meletakkan benda lainnya di bawah tempat tidur. Meletakan barang di bawah tempat tidur mungkin mewakili blok di berbagai kehidupan, termasuk hubungan romantis Anda.

7. Tempat tidur tanpa headboard

Dalam praktik Feng Shui, Anda harus memiliki headboard di tempat tidur yang menempel pada dinding yang kokoh.

Headboard memperkuat, mendukung, dan menghubungkan. Ini belaku untuk hubungan Anda, kesejahteraan Anda, dan kehidupan Anda secar umum.

8. Sesuatu yang menghalangi pintu

Sebaiknya hindari menempatkan apa pun di belakang pintu yang mencegah pintu terbuka setidaknya sampai 90 derajat. Pintu yang tidak terbuka dengan penuh, tidak menggambarkan Feng Shui yang baik.

Bila dipikir secara logis, kita mungkin kesal ketika membuka pintu dan dibelakangnya ada sesuatu yang menghalangi.

Alih-alih masuk ke rumah dengan mudah, kita harus menyingkirkan benda-benda lainnya supaya dapat masuk ke dalam.

9. Terlalu banyak menerapkan Bagua Map di area rumah

Kesalahan dekorasi Feng Shui yang terakhir adalah menerapkan semua area Bagua Map atau peta Bagua di hunian Anda.

Peta Bagua memperlihatkan energi yang tersebar di area rumah Anda. Misalnya area A mewakili kekayaan, area B mewakili popularitas, dan lain sebagainya.

Lebih baik memilih satu hingga tiga bidang yang ada di peta Bagua. Dengan cara ini Anda lebih fokus pada yang penting dan membutuhkan perhatian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru