Edukasi

9 Situs warisan dunia UNESCO di indonesia dari taman nasional hingga kompleks candi

Jumat, 09 Oktober 2020 | 08:48 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
9 Situs warisan dunia UNESCO di indonesia dari taman nasional hingga kompleks candi

ILUSTRASI. 9 Situs warisan dunia UNESCO yang ada di indonesia, taman nasional hingga candi. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/nz/17.

KONTAN.CO.ID -  Indonesia memiliki beragam tempat dengan keindahan alam dan budaya. Beberapa lokasi bahkan masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO.

United Nations Educational, Science and Cultural Organization (UNESCO), merupakan lembaga di bawah PBB yang mengelola situs warisan dari berbagai negara. 

Tidak hanya situs budaya, situs alam juga masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO. Warisan budaya tak benda juga masuk dalam daftar warisan di UNESCO. 

Ada 9 situs warisan dunia UNESCO di Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah di Nusantara. Situs yang masuk dalam daftar UNESCO tersebut mulai dari situs budaya hingga alam. 

Berikut situs-situs warisan dunia UNESCO di Indonesia, dikutip dari laman resmi UNESCO. 

situs warisan dunia unesco di Indonesia

  • Candi Borobudur

Candi Borobudur masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO pada tahun 1991. Candi yang ada di Magelang, Jawa Tengah ini dibangun pada abad ke 8 dan 9. 

Candi Borobudur merupakan candi Buddha. Candi ini dibangun di area dengan luas 2,520 meter persegi. 

situs warisan dunia unesco di Indonesia

  • Taman Nasional Komodo

Tempat tinggal Komodo di Nusa Tenggara Timur masuk dalam daftar ini. Taman Nasional Komodo terdiri atas 3 pulau: Rinca, Komodo, dan Padar. 

Di taman nasional ini ada sekitar 5,700 ekor Komodo. Hewan dengan nama latin Varanus komodoensis ini hanya ditemukan di Indonesia. 

Mereka hidup di Nusa Tenggara Timur selama ratusan tahun. Kadal raksasa ini terkenal memiliki racun mematikan. 

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru