Ada 8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang. Cek Panduan untuk Pemula

Minggu, 15 September 2024 | 14:25 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ada 8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang. Cek Panduan untuk Pemula

ILUSTRASI. Laptop Lemot Tanpa Install Ulang


TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang Windows 10. Banyak faktor yang menjadi penyebab laptop berjalan lamban.

Pengguna biasa dengan cara mengatasi laptop lemot seperti menyalakan ulang daya. Sayangnya, ini tidak efektif untuk atasi masalah dalam jangka panjang.

Penyebab laptop lemot salah satunya dari aplikasi yang tidak terpakai bisa membuat memori dan RAM bekerja sangat berat.

Faktor kemajuan teknologi tidak sejalan dengan spesifikasi perangkat laptop yang bisa lemot sehingga termakan usia dan berkurangnya performa.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Menghapus Cache Sampah di Laptop Windows untuk Pemula

Cara mengatasi laptop lemot tanpa Install ulang

Laptop

Kebutuhan pembaruan Windows 10 bisa saja mempengaruhi juga dalam penggunaan aplikasi penting lainnya.

Langkah mudah berikut bisa menyelesaikan masalah pengguna untuk jangka panjang agar laptop lemot bisa diatasi.

Intip kembali beberapa cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang, dilansir dari CompariTech.

Baca Juga: 4 Cara Menampilkan Keyboard Laptop Windows di Layar dengan Praktis

1. Membersihkan file sampah

Setiap laptop Windows 10 memiliki aplikasi bawaan yang berguna untuk membersihkan file sampah, yang sering menjadi penyebab laptop lambat. Untuk menggunakan Disk Cleanup, buka Control Panel, pilih System and Security, lalu klik Administrative Tools dan pilih Disk Clean Up.

Anda kemudian dapat memilih file yang ingin dihapus, klik OK, dan terakhir pilih Clean up system files untuk membersihkan file sistem yang tidak diperlukan.

2. Menggunakan Recycle Bin

Recycle Bin adalah fitur bawaan Windows 10 yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan file yang dihapus. Salah satu cara mengatasi laptop yang lambat adalah dengan membersihkan file besar dari Recycle Bin. Untuk melakukannya, klik kanan pada ikon Recycle Bin dan pilih "Empty Recycle Bin" untuk mengosongkannya.

3. Menghapus aplikasi yang tidak penting

Dalam mengatasi laptop yang lambat bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan. Buka Control Panel, pilih Programs and Features, lalu pilih aplikasi yang tidak penting dan klik "Uninstall" untuk menghapusnya.

4. Menonaktifkan aplikasi tidak penting

Cara lain untuk mengatasi laptop yang lambat adalah dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di background. Buka Task Manager melalui Start, pilih Startup, dan nonaktifkan aplikasi yang tidak perlu dengan mengklik End Task.

5. Mengatur profil daya baterai

Laptop Windows 10 memiliki berbagai profil daya yang bisa disesuaikan. Untuk mempercepat laptop, atur profil daya melalui Control Panel, buka Hardware and Sound, pilih Power Options, dan sesuaikan pengaturan daya sesuai kebutuhan.

6. Mengatur kembali grafik laptop

Windows 10 hadir dengan efek grafis seperti animasi yang bisa membuat laptop lambat. Untuk menyesuaikan pengaturan grafis, buka Control Panel, pilih System and Security, klik System, lalu masuk ke Advanced System Settings dan ubah pengaturan di bagian Performance.

7. Memperbarui keamanan Windows

Sering kali laptop lambat karena pembaruan keamanan yang tertunda. Untuk memeriksa pembaruan, buka Start, pilih Pengaturan, kemudian klik Update & Security dan lakukan pembaruan Windows.

8. Menambah kapasitas RAM

Langkah terakhir yang dapat dicoba adalah menambah kapasitas RAM adalah cara efektif untuk meningkatkan kinerja laptop. Pastikan untuk memeriksa spesifikasi RAM yang sesuai dengan laptop Anda, seperti DDR3 atau DDR4.

Itulah penjelasan terkait cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang pada Windows 10 yang mudah diterapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru