Ini 6 Cara Mematikan Laptop dengan Benar Agar Lebih Awet

Kamis, 25 April 2024 | 08:41 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 6 Cara Mematikan Laptop dengan Benar Agar Lebih Awet

ILUSTRASI. Ini 6 Cara Mematikan Laptop dengan Benar Agar Lebih Awet. KONTAN/Baihaki/11/4/2022


TIPS & TRIK - JAKARTA. Kenali cara mematikan laptop dengan benar agar lebih awet. Kondisi laptop tentu memiliki umur dan masa pakai terkait pembaruan teknologi.

Agar laptop Anda tetap awet dan berfungsi optimal, penting untuk mematikannya dengan benar setiap kali selesai menggunakannya.

Beberapa metode mematikan laptop dengan benar tidak hanya membantu menjaga keamanan data Anda tetapi juga memperpanjang umur perangkat.

Kerusakan laptop dapat terjadi karena beberapa program dipaksakan untuk bekerja saat pengguna mematikan laptop.

Baca Juga: Ini 9 Cara Mengatasi Tidak Ada Internet saat WiFi Tersambung

Tips mematikan Laptop dengan benar

Mematikan Laptop dengan benar

Artinya, agar laptop tidak cepat rusak, Anda perlu memperhatikan hal-hal terkait program maupun hardware tambahan saat mematikan laptop.

Langkah-langkah sederhana seperti menutup semua aplikasi, menyimpan pekerjaan, dan keluar dari sistem secara aman dapat membuat perbedaan besar dalam kinerja dan keandalan laptop Anda.

Langkah-langkah berikut ini dapat diterapkan sebelum mematikan laptop agar tetap awet dan handal dalam jangka panjang.

Untuk mematikan laptop dengan benar agar awet ikuti panduan yang dilansir dari laman Windows Report.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak di Windows 10 dalam 4 Langkah

1. Tutup semua aplikasi

Pastikan semua aplikasi dan program sudah ditutup sebelum mematikan laptop. Hal ini akan membantu mencegah kehilangan data atau kerusakan pada file yang sedang dibuka.

2. Simpan pekerjaan

Apabila sedang bekerja pada dokumen atau proyek, pastikan untuk menyimpan pekerjaan Anda dengan benar sebelum mematikan laptop. Ini akan menghindari kehilangan data atau kemungkinan kerusakan pada file.

3. Keluar dari sistem secara aman

Pastikan untuk keluar dari sistem operasi Anda secara aman sebelum mematikan laptop. Pada Windows, Anda bisa mengklik tombol Start, pilih opsi Shut down, dan tunggu hingga laptop benar-benar mati sebelum menutupnya.

4. Cabut semua perangkat tambahan

Sebelum mematikan laptop, pastikan untuk mencabut semua perangkat tambahan seperti flash drive, mouse eksternal, atau perangkat lain yang terhubung. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada port USB atau perangkat tambahan tersebut.

5. Jaga suhu

Pastikan laptop berada pada suhu yang wajar sebelum dimatikan. Hindari mematikan laptop ketika sedang terlalu panas, karena hal ini dapat merusak komponen internal.

6. Perawatan fisik

Setelah mematikan laptop, pastikan untuk membersihkan layar dan bagian luar laptop secara teratur. Anda perlu menghindari menekan atau menekuk bagian laptop yang rentan rusak.

Itulah sederet tips dalam mematikan laptop dengan metode yang aman dan benar agar umur pakai lebih panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru