CLOSE [X]

Ada Malware, Galaxy Store Menjadi Sarang Aplikasi Android yang Berpotensi Berbahaya

Rabu, 29 Desember 2021 | 10:26 WIB   Penulis: Arif Budianto
Ada Malware, Galaxy Store Menjadi Sarang Aplikasi Android yang Berpotensi Berbahaya

ILUSTRASI. Ada Malware, Galaxy Store Menjadi Sarang Aplikasi Android yang Berpotensi Berbahaya


KONTAN.CO.ID - Ada malware, Galaxy Store menjadi sarang aplikasi Android yang berpotensi berbahaya. Sebuah aplikasi yang menyediakan film bajakan benama Showbox berpotensi berbahaya yang memicu peringatan Play Protect.

Meskipun Google Play menjadi platform resmi untuk download aplikasi Android, beberapa pabrikan smartphone menghadirkan toko aplikasinya sendiri. Salah satunya Samsung lewat Galaxy Store yang menyediakan beberapa aplikasi ekslusif hingga banyak pilihan lainnya yang tersedia.

Kendati demikian, dalam mengunduh atau download aplikasi Android, keamanan menjadi faktor yang paling utama. Pastinya Anda tidak mau kan download aplikasi yang membahayakan? Apalagi tidak sedikit aplikasi Android tak resmi yang beredar di toko aplikasi diketahui menjadi sarang malware.

Seperti yang terjadi baru-baru ini, ditemukan aplikasi yang menyediakan film bajakan bernama Showbox di toko aplikasi Galaxy Store. Dikutip dari Androidpolice, aplikasi tersebut berpotensi berbahaya yang mungkin dapat menginfeksi perangkat pengguna dengan malware.

Baca Juga: Lebih Hati-hati di Internet, Ketenaran Spider-Man: No Way Home Dibuntuti Malware

Max Weinbach dari Android Police pertama kali menemukan permasalahan ini saat melihat beberapa aplikasi Showbox yang didistribuskan lewat Galaxy Store. Setelah dipasang, beberapa di antaranya memicu peringatan Google Play Protect.

Peringatan tersebut berbunyi:

"This app may be harmful

Details

Even if you have heard of this app or the app developer, it's still dangerous to install an app from an untrusted source."

Peringatan tersebut menandakan bahwa aplikasi yang dipasang lewat Galaxy Store ini berpotensi berbahaya. Apalagi jika Anda melanjutkan untuk memasangnya.

Berdasarkan analisis di Virustotal, aplikasi Showbox ini menampilkan selusin peringatan tingkat rendah dari vendor keamanan. Mulai dari "riskware" hingga adware. Aplikasi tersebut juga meminta izin lebih dari yang diharapkan, termasuk akses ke kontak, catatan panggilan, dan telepon.

Baca Juga: Keqing Punya Baju Baru di Genshin Impact Versi 2.4, Diskon Saat Awal Rilis

Hasil virustotal aplikasi android Showbox, terdeteksi malware hingga trojan

Analis keamanan Android, Linuxct menambahkan bahwa aplikasi tersebut dapat mengunduh malware ke smartphone pengguna.

Sayangnya, Samsung Galaxy Store tidak melacak jumlah pengguna yang telah memasang aplikasi tersebut. Kendati demikian, beberapa ulasan pengguna mengungkapkan bahwa muncul peringatan malware saat pemasangan aplikasi Showbox ini.

Pihak terkait juga telah menghubungi Samsung untuk menanyakan apakah mereka mengetahui bahwa Galaxy Store mungkin mendistribusikan malware dan bagaimana bisa aplikasi yang menyediakan film bajakan muncul di platform tersebut.

Demi keamanan, pastikan Anda memasang aplikasi dari sumber yang terpercaya di Google Play Store.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru