Film

Aduh, Parasite dituding plagiat film India

Rabu, 19 Februari 2020 | 07:58 WIB Sumber: Kompas.com
Aduh, Parasite dituding plagiat film India

ILUSTRASI. Bong Joon Ho poses with the Oscars for 'Parasite' at the Governors Ball following the 92nd Academy Awards in Los Angeles, California, U.S., February 9, 2020.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar tak sedap tengah menyelimuti film peraih Best Picture Oscar 2020, Parasite. Seorang produser dari film India berjudul Minsara Kanna menuduh Parasite melakukan plagiarisme. 

Baru-baru ini, India Today melaporkan bahwa produser Minsara Kanna, PL Thenappan, menuding Parasite mencuri ide cerita filmnya. "Saya melihat film Korea Selatan Parasite dan saya merasa bahwa mereka telah mencuri inti film dari Minsara Kanna," kata Thenappan. 

Namun, ia tak menyebutkan secara rinci bagian mana dari filmnya yang dijiplak Parasite. 

Baca Juga: Parasite menjadi Film Terbaik dalam Oscar 2020

Thenappan hanya mengatakan, ia sedang memikirkan untuk menempuh jalur hukum. "Saya sedang dalam pembicaraan dengan pengacara internasional dan berencana mengajukan gugatan terhadap pembuat Parasite segera," katanya. 

Sementara TNM News melaporkan, Thenappan merasa plot filmnya telah diambil oleh pembuat Parasite. 

“Mereka telah mengambil plot dari film saya. Ketika mereka mengetahui bahwa beberapa film kami (India) terinspirasi oleh film mereka, mereka mengajukan gugatan. Sama halnya, itu adil bagi kami untuk melakukan hal yang sama," ujar Thenappan. 

Minsara Kanna adalah komedi romantis yang dirilis pada 1999, disutradarai oleh KS Ravikumar dan juga diproduksi bersama oleh KR Gangadharan. Film ini menceritakan tentang seorang pria muda yang jatuh cinta dengan seorang wanita dari keluarga kaya. 

Untuk membujuk keluarganya, dia menyembunyikan identitasnya dan memasuki rumahnya dengan bekerja sebagai pengawal. Saudara-saudaranya juga bekerja di rumah sebagai pembantu rumah tangga dan koki. 

Sementara itu, dalam film Parasite (2019) yang disutradarai oleh Bong Joon Ho, sebuah keluarga miskin membuat strategi agar satu per satu dari mereka bisa bekerja di rumah keluarga kaya. 

India Today menulis, walaupun alur ceritanya mirip dengan Minsara Kanna, motif karakter dalam kedua film tersebut sangat berbeda. 

Baca Juga: Kemenangan Parasite sokong pergerakan saham dua perusahaan ini

"Saya senang bahwa cerita itu telah menerima Oscar, bahkan jika Minsara Kanna berfungsi sebagai inspirasi. Namun, mengajukan kasus tergantung pada produser," kata sutradara Minsara Kanna, KS Ravikumar, seperti diklaporkan oleh TNM News. (Andi Muttya Keteng Pangerang)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Parasite Dituding Curi Ide Cerita Film India, Minsara Kanna".


Editor: Anna Suci


Terbaru