Sport

AFC geser pertandingan Liga Champions Asia dari Iran

Rabu, 22 Januari 2020 | 13:46 WIB   Reporter: Anna Suci Perwitasari
AFC geser pertandingan Liga Champions Asia dari Iran

ILUSTRASI. klub sepak bola Iran bakal menjalani laga kandang di tempat netral

KONTAN.CO.ID - BANGKOK. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memutuskan untuk menggeser dua pertandingan awal Liga Champions Asia yang diselenggarakan di Ran ke tempat netral. Hal ini dilakukan AFC karena masalah keamanan di Iran.

Seharusnya, Shahr Khodro FC dijadwalkan menjadi tuan rumah dan bertanding dengan Riffa Bahrain. Sedangkan Esteghlal FC bakal bertanding melawan Kuwait SC pada Selasa (21/1) lalu. 

Tetapi kedua pertandingan Liga Champions Asia ini ditunda setelah beberapa negara mengeluarkan peringatan agar tidak berpergian ke Iran.

"Untuk membantu memfasilitasi pergantian ke tempat netral yang telah disetujui oleh AFC yaitu menjadwalkan ulang pertandingan hingga 25 Januari 2020 di Uni Emirat Arab," kata AFC dalam pernyataan yang dikutip Reuters.

Baca Juga: Timnas sepak bola wanita Australia tetap lakoni kualifikasi Olimpiade di Wuhan

Seperti diketahui, ada empat klub Iran yang berkompetisi dalam Liga Champions Asia, termasuk Persepolis dan Sepahan. Keempat tim tersebut mengatakan, bakal menolak untuk bermain jika tidak dapat diselenggarakan di Iran.

Padahal, Iran sedang berada dalam ketegangan setelah pasukan Iran menembak jatuh pesawat Ukraina Airlines pada 8 Januari lalu. Di mana 176 penumpang dinyatakan tewas. 

Kekhawatran keamanan antara Iran dengan negara tetangganya telah mempengaruhi keterlibatan klub-klub negara tersebut di Liga Champions Asia. 

Sejak 2016, pertandingan antara klub dari Iran dan Arab Saudi telah dimainkan di tempat netral karena kekhawatiran yang diangkat oleh Arab Saudi mengenai keselamatan saat berpergian ke Iran.


Editor: Anna Suci


Terbaru