HOME

Agar sukses menurunkan berat badan, hindari melakukan tiga hal ini

Sabtu, 07 Desember 2019 | 19:54 WIB Sumber: Kompas.com
Agar sukses menurunkan berat badan, hindari melakukan tiga hal ini

ILUSTRASI. Pegawai ASN melakukan pengukuran indeks massa tubuh (IMT) Carta Obesitas oleh petugas dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Tidak Menular Kementerian Kesehatan pada acara Peringatan Hari Obesitas Sedunia Tahun 1019 di area pa

KONTAN.CO.ID - Menurunkan beberapa kilogram berat badan adalah hal yang sulit bagi sebagian orang. Banyak yang berusaha melakukannya, tapi hanya sedikit orang yang bisa benar-benar mencapainya dan memertahankannya untuk waktu lama.

Ini seakan menunjukkan adanya hubungan negatif dengan makanan. Melihat makanan bukan sebagai pengalaman yang menyenangkan, melainkan musuh yang harus terus-menerus dilawan.

Seringkali, pola pikir ini mengarah pada hukuman pada sendiri dan pembatasan yang berlebihan.

Namun, Menurut terapis perubahan perilaku terkemuka Dr. Heather McKee, sebaiknya kamu menyerah pada tiga hal berikut, agar bisa mencapai kesuksesan ketika harus menurunkan berat badan. Berikut di antaranya:

1. Berhenti berdiet

Ya, benar. Menyerahlah, lepaskan saja. Menurut penelitian, 80% dari diet gagal di tahun pertama, jadi tak perlu menjadi bagian dari itu. Tubuh juga tidak ingin menurunkan berat badan dengan cara itu dan kamu hanya akan melawannya, yang kemudian akan mengakibatkan stres.

Alih-alih, mulailah makan dengan lebih cerdas dan mengonsumsi lebih banyak makanan tanpa olahan. Yang penting, ingatlah untuk tidak berlebihan dan mengonsumsinya dalam porsi yang tepat.

2. Berhenti menghukum diri sendiri melalui timbangan

Ini adalah sesuatu yang sering terjadi pada orang yang berusaha menurunkan berat badan. Kamu menimbang berat badan pada awal bulan, mencoba cara terbaik untuk menurunkan berat badan setelahnya, dan kemudian ketika kembali pada timbangan, kamu menyadari bahwa belum ada penurunan, atau lebih buruk, timbangan justru memerlihatkan kenaikan angka.

Editor: Noverius Laoli


Terbaru