Style

Agar tahan lama dan tak mudah rusak, ini 7 tips merawat TV

Selasa, 06 Juli 2021 | 14:57 WIB Sumber: Kompas.com
Agar tahan lama dan tak mudah rusak, ini 7 tips merawat TV

ILUSTRASI. Agar tahan lama dan tak mudah rusak, ini 7 tips merawat TV

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sebagai sarana hiburan di rumah, setiap pemilik televisi (TV) pasti menginginkan TV yang mereka miliki bisa awet dan tahan lama.  Untuk mewujudkan keinginan tersebut, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar TV benar-benar bisa awet dan tahan lama.  

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (6/7/2021), berikut ini beberapa cara merawat TV agar tidak mudah rusak dan tahan lama. 

Letakkan TV pada posisi tepat 

Untuk bisa awet, letakkan TV pada posisi yang tepat seperti tidak meletakkannya di lokasi yang mudah terkena debu. Hal ini perlu dilakukan karena debu dapat menutupi lubang sirkulasi udara pada TV sehingga membuat suhu TV menjadi lebih panas. 

Selain itu, untuk lebih aman dan tidak terjatuh karena tersenggol, sebaiknya TV dipasang di dinding memakai wall bracket ketimbang meletakkannya di meja. 

Jangan lupa memberikan jarak antara dinding belakang dan TV kurang-lebih sekitar 10 sentimeter untuk mencegah TV cepat panas. 

Baca Juga: Hore, pameran Deep & Extreme kembali hadir

Kemudian, jauhkan TV dari sinar matahari secara langsung dan barang-barang elektronik yang memiliki medan magmetik tinggi seperti speaker aktif karena bisa timbulkan distorsi pada kualitas gambar.  

Bersihkan TV dengan rutin dan benar 

Apabila ada debu atau kotoran yang menempel pada setiap bagian TV, segera bersihkan dan jangan menunggu debu menumpuk baru dibersihkan. 

Tak hanya membuat tampilannya menjadi kotor, debu juga bisa menyebabkan gangguan pada layar TV yang mampu turunkan kualitas warna gambar. 

Debu yang menumpuk di TV  juga bisa mengakibatkan kerusakan elektrik. Karena itu, bersihkan TV sebelum debu menumpuk.  

Ketika ingin membersihkan layar TV, jangan gunakan cairan yang mengandung alkohol karena ini cukup berisiko merusak TV. Sebaiknya, gunakan cleaning kit atau cairan pembersih kacamata saat membersihkan layar TV, kemudian lap dengan kain flannel atau kanebo bersih. 

Baca Juga: Peran Orang Tua Dalam Memantau Kegiatan Berdigital Anak

Hindari menyemprotkan cairan pembersih secara langsung pada layar TV karena bisa membuat layar TV menjadi melembung. Sebaiknya semprotkan cairan pembersih ke kain, lalu seka layar TV.  

Editor: Noverius Laoli
Terbaru