AIA perpanjang kontrak sponsor kaos di Tottenham Hotspur

Kamis, 25 Juli 2019 | 19:03 WIB Sumber: BBC
AIA perpanjang kontrak sponsor kaos di Tottenham Hotspur


LIGA PRIMER INGGRIS - JAKARTA. Klub Liga Inggris  menjadi perhatian utama para perusahaan dunia. Banyak perusahaan besar yang rela mengeluarkan kocek besar demi terpampang di dada para pemain klub Liga Inggris. Apalagi jika klub itu bertengger di papan atas.

Salah satunya Tottenham Hotspur. Klub asal kota London tersebut baru saja meneken kontrak dengan AIA Group, salah satu perusahaan asuransi terbesar yang berbasis di Hongkong. AIA sebelumnya memang menjadi sponsor resmi di klub berjuluk White Lilie tersebut.  

Perpanjangan kontrak tersebut punya durasi hingga delapan tahun ke depan, yaitu sampai musim 2026-2027. Kerjasama di antara kedua institusi ini sudah terlaksana sejak 2013. Kala itu, AIA masih sebagai status mitra sponsor kaos Spurs. Satu tahun berikutnya, kerjasama ditingkatkan menjadi kaos resmi Spurs. Dan sejak tahun lalu, logo AIA sudah terpampang di segala level kaos Spurs. Mulai dari untuk latihan, klub sepakbola wanita, hingga kaos utama untuk laga Liga Inggris dan kompetisi lainnya di Inggris Raya dan lainnya.

Pimpinan Tottenham Hotspur, Daniel Ley memandang positif kerjasama tersebut. Dan hasil tersebut tidak terlepas dari pencapaian Spurs di ajang kompetisi Eropa yakni menjadi finalis Liga Champions 2018-2019. "Ini waktu yang tepat untuk memperpanjang kontrak dengan mitra kami dan sebagai mitra global kami, AIA bisa memberi banyak kesempatan bagi semua pihak," katanya dalam pernyataan resmi di situs Tottenham Hotspur.

Sayang, Daniel Levy tidak merinci nilai bisnis dari kerjasama tersebut. Menurut BBC, nilai kontrak tersebut bernilai £ 320 juta. Nilai tersebut sama dengan nilai kontrak yang diteken Chelsea pada 2015 dengan perusahaan ban Yokohama sekitar £ 40 juta per tahun.

Sejauh ini, nilai kontrak bisnis di klub Lig Inggris masih dipegang Mancherster United dengan Chevrolet dengan nilai sekitar £ 50 juta per tahun, sedangkan The Sun (lihat tabel di bawah) melaporkan sekitar £ 64 juta per tahunnya.

Klub Sponsor Nilai per tahun
Manchester United Chevrolet £ 64 juta
Manchester City Etihad Airways £ 45 juta
Arsenal Fly Emirates £ 40 juta
Chealsea Yokohama Tyres £ 40 juta
Liverpool Standard Chartered £ 40 juta
Tottentham Hotspur AIA £ 40 juta

 


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru