Akibat angin kencang, kualifikasi MotoGP Australia hari ini dibatalkan

Sabtu, 26 Oktober 2019 | 17:19 WIB Sumber: Kompas.com
Akibat angin kencang, kualifikasi MotoGP Australia hari ini dibatalkan

Akibat angin kencang, kualifikasi MotoGP Australia hari ini dibatalkan


OLAHRAGA - JAKARTA. Kualifikasi MotoGP Australia di Phillip Island hari ini, Sabtu (26/10), dilaporkan telah dibatalkan karena kondisi berbahaya terkait adanya angin kencang. Pada sesi latihan bebas atau free practice (FP4), bendera merah dikibarkan menyusul kecelakaan yang dialami pebalap Miguel Oliveira (KTM Tech3). 

Miguel Oliveira mengalami kecelakaan berkecepatan tinggi di tikungan pertama saat ia terpental keluar jalur dengan motor KTM Tech3-nya. Diduga kecelakaan tersebut terjadi karena pengaruh angin kencang. Beruntung, setelah mendapat perawatan medis, Oliveira tak mengalami cedera serius. 

Baca Juga: Ada MotoGP, PUPR akan bedah 240 rumah di Lombok Tenagh

Terkait hal itu, pihak MotoGP mengonfirmasi bahwa sisa sesi FP4, kualifikasi Q1 dan Q2, pada hari ini telah dibatalkan karena kondisi cuaca. Para pejabat MotoGP akan menilai kondisi besok dengan maksud apakah akan menjalankan Q1 dan Q2 sebelum GP Australia. 

Jika kualifikasi tidak dapat dijadwalkan, posisi grid akan ditentukan oleh waktu latihan bebas gabungan ketiga, dengan Maverick Vinales (Yamaha) di posisi pole position, diikuti pebalap Ducati, Andrea Dovizioso dan LCR Cal Crutchlow. 

"Kami telah mengambil keputusan di Komisi Keamanan bahwa saat ini tidak aman dalam angin kencang, ini terlihat ketika Miguel Oliveira jatuh dengan angin mendorongnya," kata Karel Abraham dari Avintia Ducati dikutip dari Crash.net. 

Baca Juga: Grup Media Milik Bakrie Akan Meniru Bisnis Walt Disney Studios

"Kami telah memutuskan bahwa kami harus berhenti hari ini dan mencoba lagi besok," ucapnya. 

Kejadian pembatalan kualifikasi ini mengulangi apa yang terjadi di MotoGP Qatar pada 2017 karena cuaca buruk. Saat itu, Vinales mengambil pole position berdasarkan waktu latihan terakhir di Qatar. (Eris Eka Jaya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kualifikasi MotoGP Australia Hari Ini Dibatalkan karena Angin Kencang"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru