Ancaman Demam Berdarah Terus Mengintai, Ini Berbagai Cara Mencegah Gigitan Nyamuk

Senin, 14 November 2022 | 17:50 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Ancaman Demam Berdarah Terus Mengintai, Ini Berbagai Cara Mencegah Gigitan Nyamuk

ILUSTRASI. Nyamuk


KESEHATAN - JAKARTA. Indonesia dihadapkan dengan beberapa penyakit endemik. Salah satu penyakit endemik di Indonesia dengan kasus tertinggi adalah demam berdarah dengue (DBD). Penyakit akibat virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti ini hampir selalu menjadi endemi saat Indonesia memasuki musim penghujan. 

Berdasarkan catatan Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kemenrterian Kesehatan, sampai pekan ke 36, jumlah kumulatif kasus konfirmasi DBD dari Januari 2022 dilaporkan sebanyak 87.501 kasus dan 816 kematian. 

Gigitan nyamuk tidak hanya dialami oleh orang dewasa, bayi bisa juga terdampak. Oleh sebab itu, orangtua harus tahu cara dan tips untuk mencegah gigitan nyamuk pada buah hati.

Baca Juga: Simak 6 Gejala DBD yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

Beberapa tips bisa diterapkan oleh orang tua untuk mencegah penularan penyakit dari nyamuk. Seperti selalu membersihkan rumah, jangan menggantung atau menumpuk pakaian, dan rutin menguras serta membersihkan penampungan air. 

Lalu, pilih pakaian tepat yang bisa melindungi anak. Menggunakan celana panjang dan baju lengan panjang, terutama saat mengajak anak bermain atau beraktivitas di luar rumah. 

Dan selalu gunakan minyak telon dengan kandungan bahan-bahan alami terbaik dan berkualitas. Seperti oleum cajuputi, oleum cocos, oleum anisi, oleum Olea fructus, dan baby essence sebelum beraktivitas. 

Baca Juga: Waspada 6 Gejala DBD yang Kerap Luput Dari Perhatian, Hati-Hati!

“Formulasi baby essence membantu meredakan perut kembung, melegakan hidung tersumbat, dan melindungi tubuh si kecil dari gigitan nyamuk hingga 8 jam. Hal ini menjadi penting mengingat Indonesia adalah negara tropis yang membuat si kecil rentan akan gigitan nyamuk,” terang David Gideon, Direktur Utama PT. Gendhis Duta Nusantara, salah satu produsen minyak kayu putih, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Senin (14/11),.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru