Sport

Anda ingin beli sepeda baru? Simak dulu tips berikut agar tidak salah pilih

Rabu, 24 Juni 2020 | 16:22 WIB   Reporter: kompas.com
Anda ingin beli sepeda baru? Simak dulu tips berikut agar tidak salah pilih

ILUSTRASI. JAKARTA,14/06-BERSEPEDA DI TENGAH PANDEMI COVID 19. Komunitas pesepeda memanfaatkan hari bebas berkendaraan dengan melintas di kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (14/06). Banyak orang kini mulai kembali pada aktivitas bersepeda karena sepeda dianggap sebua

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda hendak membeli sepeda untuk berolahraga dan mengikuti trend? Agar tidak salah pilih, simak dulu tips berikut ini. 

Selama masa wabah virus corona melanda nampaknya masyarakat semakin sadar untuk melakukan hidup sehat. Salah satunya, banyak orang mulai menggemari olahraga bersepeda.  

Hasilnya, banyak masyarakat yang berbondong-bondong ke toko sepeda karena takut kehabisan stok sepeda yang mereka incar. Namun, dalam memilih sepeda yang tepat dan nyaman, rasanya susah-susah gampang karena cukup banyak varian merek dan jenis sepeda. 

Baca Juga: Handal dan tangguh, harga sepeda gunung Rocky Mountain dibanderol mulai belasan juta

Akan menjadi masalah baru jika yang membeli sepeda adalah pesepeda atau goweser pemula yang tentu saja masih buta akan dunia sepeda. 

Lantas, apa saja jenis-jenis sepeda yang saat ini banyak dipakai masyarakat dan bagaimana tips sebelum membeli sepeda? Berikut penjelasan yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Jenis-jenis sepeda 

Erwin Handoko dari Brompton Monas Cyclists mengatakan, secara umum terdapat tiga jenis sepeda yang saat ini digandrungi masyarakat. 

Folding bike ( sepeda lipat) 

Mountain bike (sepeda gunung) 

Road bike (sepeda balap) 

Menurut Erwin, sepeda lipat saat ini tengah naik daun karena menjadi buruan masyarakat untuk bersepeda. 

" Sepeda lipat yang lagi booming sekarang ini, beda dari beberapa tahun lalu yang booming beberapa tahun lalu itu adalah sepeda fixie," kata Erwin kepada Kompas.com, Sabtu (20/6/2020). 

Mengapa banyak orang yang mencari sepeda lipat khususnya di Jakarta, kata Erwin, hal itu dikarenakan faktor pembangunan transportasi massal yang massive belakangan ini. Seperti adanya MRT, LRT, Transjakarta atau KRL. 

"Orang jadi lebih mudah dan ekonomis jika bersepeda," ujarnya. 

Menurut Erwin, dari tiga jenis sepeda pada umumnya, sepeda lipat sendiri terbagi dalam tiga kategori. Di antaranya sepeda lipat dengan tiga lipatan, sepeda dua lipatan, dan sepeda bongkar-pasang. 

"Sepeda tiga lipatan ini paling ringkas dan cocok untuk di bawa ke transportasi massal, karena setelah di lipat hanya sekitar 80cm x 80 cm kurang lebih," papar Erwin. 

Senada dengan Erwin, salah satu pendiri Brompunk, sebuah social movement untuk membuat aktivitas bersepeda lestari, Debyo Surya Setiyawan juga menjelaskan hal yang sama. 

Menurut Debyo, jenis sepeda gunung lebih cocok dan pas apabila digunakan di medan yang terjal. "Misalnya jalan berbatu, tanah yang tidak rata," ujar Debyo. 

Kemudian, lanjut Debyo, sepeda balap atau yang sering disebut road bike, biasanya digunakan pada jalan yang rata dan halus. Selain itu, kecepatan dalam bersepeda menggunakan sepeda balap juga diatas rata rata kecepatan sepeda pada umumnya. 

"Dan biasanya pesepeda balap mempunyai jarak tempuh yang jauh dalam beraktifitas sepeda," papar Debyo.

Tips membeli sepeda 

Sebelum membeli sepeda, Debyo menyarankan agar mempertimbangkan beberapa hal agar tidak menyesal kemudian. 

Pertama, siapkan budget atau dana. Hal itu menurutnya agar stabilitas keluangan dan rumah tangga dapat terjaga secara aman. 

"Siapkan target budgetnya dulu agar keuangan bisa terkontrol," ujar Debyo. 

Kemudian, tentukan jenis sepeda yang diinginkan sesuai tujuan bersepedanya. Seperti misalnya, apakah digunakan di jalanan terjal, jalanan biasa atau travelling. 

"Mau sepeda gunung, sepeda balap atau sepeda lipat," ungkapnya. 

Lalu, yang terakhir adalah sesuaikan spesifikasi teknis sepeda dengan postur tubuh, baik tinggi dan berat badan. Hal ini bertujuan agar pemakai sepeda merasa nyaman dan terhindar dari cedera. 

"Supaya tidak ada cedera dalam bersepeda, dan sepeda juga bisa awet selama dikendarai," pungkas Debyo.(Dandy Bayu Bramasta) 

Baca Juga: Sepeda lipat Pacific dibanderol Rp 4 jutaan, berikut tipe sepedanya

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berikut Jenis-jenis dan Tips Membeli Sepeda, Simak Agar Tak Menyesal", 

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru