HOME

Anda penat di rumah saja? Coba 3 aroma essential oil ini untuk relaksasi

Senin, 12 Juli 2021 | 04:45 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Anda penat di rumah saja? Coba 3 aroma essential oil ini untuk relaksasi

KONTAN.CO.ID -  Sejak konsep work from home atau WFH diberlakukan, sepertinya kita seringkali diserang rasa jenuh dan penat karena terlalu lama berada di dalam rumah.

Padahal, terus-terusan merasa jenuh dan penat bisa berdampak buruk pada kesehatan jasmani dan mental, lho. Bahkan, bukan mustahil, produktivitas dan performa kerja kita bakal menurun.

Tapi moms jangan khawatir. Kini, ada banyak sekali cara untuk melepaskan diri dari kepenatan akibat WFH. Salah satu cara yang populer untuk melepas penat adalah relaksasi dengan essential oil. Essential oil atau minyak atsiri sudah lama dikenal memiliki manfaat untuk aromaterapi dan relaksasi.

Namun, karena essential oil punya banyak jenis aroma, mungkin Moms bingung memilih aroma essential oil yang tepat untuk relaksasi. Nah, MomsMoney sudah merangkum 3 aroma essential oil yang bakal menemani sesi relaksasi Moms. Simak, yuk!

Baca Juga: Anti Stress Saat Pandemi, Podcast Ini Bisa Jadi Inspirasinya

Lavender

Mungkin Moms sudah tahu ya kalau lavender memang multifungsi. Selain ampuh untuk mengusir nyamuk, wangi bunga lavender diketahui mampu membantu relaksasi.

Sebuah artikel dari National Center of Biotechnology Information (NCBI) di Amerika Serikat menyebutkan, lavender dapat membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan.

Tidak hanya itu, penggunaan lavender juga sudah lama dikenal sebagai cara alami untuk melawan insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.

Sandalwood (Cendana)

Nah, apakah moms di rumah punya perabotan berbahan kayu cendana? Atau pernah pijat menggunakan minyak cendana? Wanginya enak banget, kan?

Betul, wangi sandalwood atau kayu cendana memang tidak hanya sekadar enak dicium, tapi juga membantu oms untuk rileks. Dilansir dari healthline.com, penggunaan minyak pijat yang mengandung essential oil kayu cendana diklaim bisa membantu mengurangi anixety atau kecemasan.

Baca Juga: Pahami 6 Cara Menangani Rasa Tidak Nyaman Karena Stres

Lemongrass (Serai)

Lemongrass atau serai biasanya populer sebagai bumbu dapur di Indonesia. Tidak hanya melezatkan masakan, ternyata serai juga bisa membantu kita merasa rileks.

Dikutip dari medicalnewstoday.com, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pemakaian essential oil aroma serai yang dicampur dalam minyak pijat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, essential oil serai juga membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Ada banyak cara untuk mendapatkan manfaat dari essential oil. Moms bisa mencampurnya ke dalam diffuser, diteteskan ke bath tub ketika mandi, atau dicampurkan ke minyak pijat. Karena sifatnya yang berkonsentrasi tinggi, sebaiknya tidak langsung diaplikasikan ke kulit ya, moms.

Happy relaxing!

Selanjutnya: Simak Cara Tidur Berkualitas Pada Malam Hari

Editor: Kania Paramahita
Terbaru