Gadget

Android kedatangan fitur baru Nearby Share, kini tersedia di HP Samsung

Rabu, 05 Agustus 2020 | 12:27 WIB Sumber: Engadget,Engadget
Android kedatangan fitur baru Nearby Share, kini tersedia di HP Samsung

ILUSTRASI. Android kedatangan fitur baru Nearby Share, kini tersedia di HP Samsung.

KONTAN.CO.ID - Google baru saja merilis fitur berbagi file mirip dengan Airdrop besutan Apple. Fitur besutan Google ini bertajuk Nearby Sharing dan telah tersedia untuk HP Samsung dan Pixel.

Meski sudah memiliki fitur berbagi file mirip Airdrop yang ada di ponsel iPhone, Android masih jadi sistem operasi utama yang berjalan di HP Samsung. Tak heran, Google merilis fitur Nearby Sharing untuk HP Samsung dan Pixel.

Mengutip Engadget, fitur Nearby Share memungkinkan pengguna untuk berbagi file tanpa tersambung kabel atau lewat perangkat tambahan, seperti kartu memori atau semacamnya.

Lebih praktis Nearby Share memungkinkan pengguna HP Samsung atau Pixel membagikan file melalui beberapa protokol yang tersedia. Pengguna dapat berbagi file dengan mudah melalui Bluetoothkoneksi Wi-Fi, dan paket data internet.

Baca Juga: Daftar HP Samsung yang mendapatkan update Android 11, HP Anda masuk daftar?

Semua bisa pengguna atur sesuai dengan keinginan. Dengan fitur Nearby Share, pengguna dapat membagikan file berupa foto, video, dokumen, atau lainnya selama di lokasi yang berdekatan.

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan sudah menyalakan fitur Nearby Share di HP Samsung atau Pixel. Jika sudah, pengguna dapat mengirim atau menerima file yang dibagikan oleh kontak yang terhubung.

Privasi juga bisa pengguna atur dalam beberapa opsi, seperti hidden, visible, some contacts, atau all contacts, demi menjaga keamanan saat berbagi file.

Akan ada notifikasi jika pengguna mendaptkan kiriman file dari pengguna lain sebelum ditransfer. Hal tersebut demi menjaga keamanan, apakah file yang dikirimkan benar dari pengguna yang dimaksud.

Baca Juga: Samsung Galaxy Unpacked resmi digelar 5 Agustus, ini produk baru yang akan hadir

Tak berhenti di situ saja, Nearby Share juga bisa pengguna lakukan untuk melakukan transfer ke laptop Chromebook. Namun, baru akan tersedia dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan.

Meski baru tersedia di HP Samsung dan Pixel, beberapa minggu ke depan fitur Nearby Share bakal tersedia untuk HP Android lebih banyak lagi.

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru