Apex Legends Mobile Dimatikan, Ini 3 Game yang juga Bernasib Sama di Tahun 2023

Kamis, 02 Februari 2023 | 10:37 WIB   Penulis: Arif Budianto
Apex Legends Mobile Dimatikan, Ini 3 Game yang juga Bernasib Sama di Tahun 2023

ILUSTRASI. Apex Legends Mobile Dimatikan, Ini 3 Game yang juga Bernasib Sama di Tahun 2023


GAME ONLINE - Apex Legends Mobile dimatikan, ini 3 game yang juga bernasib sama di tahun 2023. Selain Apex Legends Mobile, beberapa game ini juga mengalami nasib yang sama yakni servernya akan ditutup, bahkan ada yang telah ditutup lebih awal pada Januari lalu.

Baru-baru ini Respawn Entertainment mengumumkan bahwa game battle royale Apex Legends Mobile yang dirilis belum genap satu tahun ini akan segera berakhir. Ya, Apex Legends Mobile benar-benar akan dimatikan, di mana semua server di seluruh region akan dimatikan dalam beberapa bulan lagi.

Apex Legends merupakan game battle royale yang populer, di mana sebelumnya rilis di PC dan konsol. Tidak ingin melewatkan kesempatan di industri game mobile, EA memutuskan untuk memboyong Apex Legends ke perangkat mobile (Android & iOS).

Singkatnya, Apex Legends Mobile menghadirkan pengalaman yang serupa dengan Apex Legends versi PC atau konsol, namun dengan kontrol yang lebih mudah karena menggunakan layar sentuh.

Meski sudah beroperasi selama beberapa bulan, sayangnya Apex Legends Mobile tidak berumur panjang. Respawn memutuskan untuk segera mengakhiri masa seluruh layanan Apex Legends Moible, server hingga transaksi di dalam permainan tersebut.

Mengenai penutupan Apex Legends Mobile pada 1 Mei 2023, Respawn beralasan bahwa mereka gagal memenuhi standar kualitas dan kuantitas dari konten yang dihadirkan dalam game tersebut.

Terlepas dari semua itu, penutupan layanan game online tampaknya tidak hanya dirasakan oleh pemain Apex Legends Mobile. Beberapa waktu lalu juga muncul di permukaan kabar yang tidak mengenakan bagi penggemar game MOBA.

Pasalnya, AutoChess MOBA yang bahkan belum rilis secara penuh ternyata juga memutuskan untu kmenutup layanan game MOBA yang digadang-gadang mirip Dota 2 ini.

Kira-kira apa lagi game yang bernasib sama dengan Apex Legends Mobile? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Apex Legends Mobile Tamat Beberapa Bulan Lagi, EA Matikan Server Mulai Mei 2023

1. Final Fantasy VII: The First Soldier

FF battle royale terbaru, FFVII The First Soldier

Game battle royale mungkin masih menjadi daya tarik bagi para gamers di seluruh dunia. Hal itulah yang mungkin mendorong Square Enix  untuk menghadirkan game battle royale dengan sentuhan ala Final Fantasy.

Tercetuslah sebuah game berjudul Final Fantasy VII: The First Soldier yang rilis untuk perangkat mobile (Android & iOS) secara gratis.

Final Fantasy VII: The First Soldier menghadirkan gameplay yang cukup menarik, di mana memadukan unsur Final Fantasy dalam sebuah game battle royale.

Sayangnya, Square Enix nampaknya tidak dapat mempertahankan game tersebut lebih lama lagi. Meski telah beroperasi lebih dari satu tahun, Final Fantasy VII: The First Soldier akhirnya ditutup pada 11 Januari 2023 lalu dengan alasan ketidakmampuan untuk memberikan pengalaman yang baik bagi para pemain.

Baca Juga: Kode Redeem Rent Please Landlord Sim Februari 2023 Update Terbaru, Lengkap Cara Klaim

2. AutoChess MOBA

AutoChess MOBA

Kali ini game yang bernasib sama dengan Apex Legends Mobile berbeda genre. Game berjudul AutoChess MOBA ini merupakan game battle royale yang dirilis oleh Dragonest.

Game ini merupakan game MOBA yang diadaptasi dari AutoChess, sebuah game bergenre auto-brawler yang sempat viral pada saat itu. AutoChess MOBA juga digadang-gadang sebagai game Dota 2 yang rilis di perangkat mboile (Android & iOS) karena fitur yang diusungnya.

AutoChes MOBA menghadirkan hero yang semuanya dapat dimainkan secara gratis, fitur siang dan malam, hingga penggunaan ward yang dapat memberikan vision tambahan.

Meski game ini baru memasuki tahap soft launch, Dragonest memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan AutoChess MOBA.

Karena alasan lag, ping drop, terputus jaringan hingga matchmaking hingga masalah lainnya membuat Dragonest mengakhiri layanan AutoChess MOBA. Seluruh layanan AutoChess MOBA tidak bisa diakses lagi pada akhir bulan Februari ini, termasuk dimatikannya semua server.

Baca Juga: Cara Top Up ML (Mobile Legends) Lewat Codashop, Beli Diamond hingga Starlight Member

3. Rumbleverse

Satu lagi game yang akan tutup di tahun 2023 adalah Rumbleverse. Rumbleverse adalah game brawler, battle royale yang unik.

Meski terlihat segar, sayangnya Rumbleverse masih belum sesuai dengan ekspektasi sang pengembang maupun publisher. Game yang dikembangkan oleh Iron Galaxy dan dirilis oleh Epic Games pertama kali rilis 11 Agustus 2022 lalu.

Belum genap setahun, game ini bernasib sama dengan Apex Legends Mobile dan segera mengakhiri layanan server yang akan dimatikan pada 28 Februari 2023.

Itulah deretan game yang akhirnya harus berakhir dan servernya ditutup pada awal tahun 2023 ini. Apakah Anda sudah pernah memainkan salah satu game itu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru