Tokoh

Artis cantik ini resah dengan kondisi infrastruktur pesepeda di Jakarta

Rabu, 15 Juli 2020 | 14:34 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Artis cantik ini resah dengan kondisi infrastruktur pesepeda di Jakarta

ILUSTRASI. Artis film Kirana Larasati./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/09/05/02012.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aktris Kirana Larasati Hanafiah mengaku infrastruktur khusus pesepeda di Jakarta masih kurang mumpuni dan jauh dari kelayakan.

Ibu dari Kyo Karura Gantama ini mengaku kerap bersepeda setiap hari dan  melihat bahwa antusias masyarakat menggunakan sepeda kini semakin ramai.

“Kalau boleh saran ke Pemerintah Provinsi (DKI Jakarta), cepat tanggaplah untuk memberikan fasilitas yaitu jalur sepeda. Karena olahraga ini sebenarnya bagus dilakukan di tengah pandemi,” sebut Kirana kepada Kontan.co.id.

Di samping itu, Kirana juga meminta agar jalur sepeda nantinya cukup luas, menyambung dengan fasilitas publik seperti MRT, dan terpisah dengan jalur sepeda motor.

Baca Juga: Demam gowes, Nugie: Infrastruktur jalur sepeda di Jakarta tidak mumpuni

Bila hal ini dilakukan, Kirana yakin bahwa akan semakin banyak masyarakat yang menggunakan sepeda ketimbang kendaraan sepeda motor. “Setidaknya dengan menggunakan sepeda, kita bisa mengurangi polusi udara,” tambah pemain film Perempuan Punya Cerita ini.

Tak hanya jalur bagi pesepeda, Kirana juga menginginkan adanya keamanan bagi para pesepeda di jalan. Menurut Kirana, sangat penting untuk Pemerintah menempatkan kamera CCTV di setiap ruas jalan raya.

Karena sudah cukup banyak begal pesepeda terjadi beberapa pekan belakangan ini, itulah mengapa dibutuhkan kamera pengawas yang ditinjau langsung oleh pihak berwenang.

“Yang jelas peraturan lalu lintas harus diutamakan. Bukan berarti pesepeda jadi anak emas, tapi kenyamanan dan keamanan bagi seluruh pengendara termasuk pesepeda itu penting,” pungkasnya.

Baca Juga: Hore! Sepeda lipat United E-Trifold terbaru sudah beredar, cek dulu harganya di sini

Selain fasilitas jalur sepeda yang menjadi perhatian Kirana, infrastruktur lain menurutnya sudah cukup layak pakai. Baik itu bandara ataupun fasilitas transportasi lain.

“Kalau aku lihat fasilitas transportasi lain sudah cukup bagus. Terlebih bandara yang sering aku kunjungi, itu juga bersih dan nyaman tempatnya. Tinggal jalur sepeda aja yang kurang diutamakan,” tutupnya.

Editor: Yudho Winarto


Terbaru