Asteroid, Komet & Meteor Itu Berbeda, Berikut Pengertian Masing-Masing

Kamis, 19 Mei 2022 | 10:56 WIB   Penulis: Arif Budianto
Asteroid, Komet & Meteor Itu Berbeda, Berikut Pengertian Masing-Masing

ILUSTRASI. Asteroid, Komet & Meteor Itu Berbeda, Berikut Pengertian Masing-Masing


SPACE - Asteroid, komet dan meteor itu berbeda, berikut pengertian masing-masing benda langit tersebut. Meteor dan komet umumnya dapat terlihat di atas langit dengan pemandangan yang menarik, sementara asteroid menjadi momok menyeramkan bagi planet jika sampai menabrak.

Menurut Anda, asteroid, komet dan meteor adalah benda langit yang serupa atau berbeda?

Meskipun tiga hal tersebut merupakan benda langit, tetapi tidak semua benda langit sama. Begitu pula dengan planet, tidak semua planet memiliki ciri-ciri yang sama atau bahkan tidak semuanya masuk dalam kategori "layak" untuk dihuni.

Berbicara tentang asteroid, komet dan meteor, ketiganya merupakan benda langit yang tidak asing di telinga kita. Tidak jarang, penampakan benda langit tersebut juga terlihat dari Bumi pada saat tertentu.

Yuk pahami benda langit asteroid, komet dan meteor, berikut pengertian masing-masing.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Black Hole atau Lubang Hitam, Begini Penjelasannya

METEOR-SHOWER

1. Asteroid

Asteroid kerap kali disebut sebagai planet minor atau planetoid. Menurut NASA, pengertian asteroid adalah sisa-sisa batuan di ruang angkasa yang berasal dari pembentukan awal tata surya sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu.

Hingga saat ini, asteroid yang diketahui adalah lebih dari satu juta, lebih tepatnya 1.113.527.

Asteroid juga berbeda dengan komet dari penampakan visualnya. Komet menampakan koma atau ekor, sementara asteroid tidak.

Di atas langit, asteroid terlihat sebagai titik-titik cahaya, seperti bintang, menunjukkan cakram planet dalam bentuk kecil atau tidak ada sama sekali. Asteroid juga mudah dibedakan dengan bintang karena gerakan mereka.

2. Komet

Komet adalah benda langit yang juga mengelilingi Matahari. Menurut NASA, pengertian komet adalah sisa-sisa beku dari pembentukan tata surya yang terdiri dari debu, batu, dan es.

Mereka berkisar dari beberapa mil hingga puluhan mil lebarnya.

Ketika mendekati Matahari, sebagian bahan penyusun komet akan menguap membentuk kepala gas dan ekor. Inilah yang membuat penampakan komet terlihat indah dan menghiasi langit malam saat muncul.

Baca Juga: Benda Langit yang Mengelilingi Matahari Selain Planet, Lengkap dengan Penjelasannya

Editor: Arif Budianto

Terbaru