Atlet angkat besi Eko Yuli Irawan sumbang medali emas di SEA Games 2019

Senin, 02 Desember 2019 | 15:52 WIB Sumber: Kompas.com
 Atlet angkat besi Eko Yuli Irawan sumbang medali emas di SEA Games 2019

ILUSTRASI. Eko Yuli Irawan menggigit medali emasny. KONTAN/Fransiskus Simbolon


SEA GAMES 2019 - JAKARTA. Atlet angkat besi kelas 61 kilogram, Eko Yuli Irawan, sukses menyabet medali emas di SEA Games 2019. Dalam perlombaan yang digelar di Ninoy Aquino Stadium, Metro Manila, Filipina, Senin (2/12), Eko mengukir angkatan total 309 kg. Rinciannya, snatch 140 kg dan clean and jerk 169 kg. 

Sementara medali perak dan perunggu menjadi milik Thach Kim Tuan (Vietnam) dan Muhammad Aznil. Ditemui seusai perlombaan, Eko Yuli mengaku bersyukur bisa mendapatkan medali emas. "Mental saya bisa naik lagi," tutur Eko Medali emas di SEA Games akan dijadikan Eko Yuli untuk menorehkan prestasi di Olympiade 2020 Tokyo. 

Baca Juga: Indonesia peringkat ke-6 klasemen medali SEA Games 2019

"Pasti target selanjutnya adalah Olimpiade. Saya minta doa dan dukungan. Semoga persiapannya jauh lebih baik lagi. Jauh dari cedera dan sakit sehingga bisa maksimal di Olimpiade," tutur Eko Yuli. 

Dengan raihan Eko Yuli ini, total Indonesia sudah meraih enam medali emas di SEA Games 2019. Indonesia mendapatkan tambahan lima medali emas di hari kedua SEA Games 2019. Medali emas kedua Indonesia disumbangkan oleh Jauhari Johan dari cabor duathlon. 

Setelah itu, Indonesia mengemas medali emas ketiga dari lifter putri Windy Cantika Aisah. Cabor menembak lalu juga menyumbangkan dua keping medali emas yang diraih oleh Rio Danu Utama Thabu dan Tirano Bajo pada perlombaan yang digelar di Philippine Marine Shooting Range Total, Manila, Senin (2/12). 

Baca Juga: Menkes tuding dokter penyebab tunggakan BPJS, IDI angkat bicara...

Tambahan enam medali emas membuat posisi Indonesia naik ke peringkat ketiga di klasemen perolehan medali SEA Games 2019. Total, Indonesia telah mengoleksi 21 medali di SEA Games 2019, dengan rincian enam emas, delapan perak, dan tujuh perunggu. (Ferril Dennys)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Eko Yuli Bersyukur Bisa Raih Medali Emas"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru