Awas! Aplikasi Flash Player Android Palsu Beredar, Ada Virus di Dalamnya

Senin, 10 Januari 2022 | 11:53 WIB Sumber: Phone Arena
Awas! Aplikasi Flash Player Android Palsu Beredar, Ada Virus di Dalamnya

ILUSTRASI. Awas! Aplikasi Flash Player Android Palsu Beredar, Ada Virus di Dalamnya


APLIKASI ANDROID - Awas! Aplikasi Android palsu bereedar, ada virus berbahaya di dalamnya. Aplikasi Flash Player palsu ini beredar lewat aplikasi yang memuat link download APK palsu.

Meskipun Adobe telah mengumumkan bahwa Flash Player telah dimatikan, ternyata masih ada oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan aplikasi tersebut. Bahkan, baru-baru ini beredar aplikasi Flash Player palsu di Android yang di dalamnya terdapat virus bernama FlusBot.

Berdasarkan BleepingComputerFlusBot adalah trojan perbankan Android yang mencuri kredensial dengan menampilkan formulir login overlay terhadap banyak Bank di seluruh dunia. Karena ini merupakan trojan, tujuan virus tersebut adalah memperoleh informasi dari targeti (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), serta mengendalikan perangkat target (memperoleh hak akses).

Dikutip dari PhoneArena, aktor jahat dibalik FlusBot tahu persis apa yang mereka lakukan untuk mengambil kontak penting yang ada di smartphone korban. Bahkan virus yang mereka targetkan ke ponsel pintar para korban dapat mematikan beberapa fitur Android hingga merekam sesuatu yang pernah Anda ketik.

Simpelnya, smartphone yang sudah terinfeksi virus FlusBot akan memegang kendali atas ponsel pintar si korban.

Baca Juga: Cara Cek Battery Health/Kesehatan Baterai, Pengguna iPhone 6 atau OS 11.3 ke Atas

Aplikasi Flash Player palsu ini beredar melalui SMS. Bila seseorang mendapatkan SMS berisikan link, kemudian link tersebut ditekan, maka akan menuju ke lama download tak resmi.

Bila pengguna tidak cermat, mereka akan melanjutkan download aplikasi Flash Player palsu ini, kemudian memasangnya di smartphone. Jika sudah sampai disini, tamatlah riwayat si korban.

FluBot akan mengambil alih sejumlah korban, terutama di wilayah Eropa yang banayak ditemukan kasus ini. Virus ini akan menyebar dari perangkat ke perangkat lewat SMS berisikan link tersebut.

Cara virus FlusBot menyebar di HP Android

Mirisnya lagi, bila pengguna telah terinfeksi virus FlusBot, menghapus aplikasi Flash Player palsu ini bukanlah jalan keluarnya. Sebab, meskipun telah dihapus dari smartphone Android, tidak akan menyingkirkan trojan yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Update Terbaru WhatsApp di iOS Akan Menampilkan Foto Profil di Notifikasi

Bagaimana cara terbebas dari virus FlusBot ini?

Karena menghapus atau uninstall aplikasi Flash Player ini tidak menyingkirkan virus trojan tersebut, cara yang paling ampuh adalah Reset Pabrik (Factory Reset).

Pengguna dapat melakukan Reset Pabrik atau Factory Reset dengan catatan, seluruh data dan pengaturan HP Android akan kembali seperti semula. Meskipun merepotkan, ini merupakan satu-satunya cara supaya HP Android yang terinfeksi virus FlusBot ini kembali aman dan normal.

Patut diperhatikan, pastikan Anda selalu memasang atau install aplikasi Android lewat Google Play Store. Google menjamin bahwa aplikasi dan game yang tersedia di Play Store dipastikan aman dan terbebas dari virus.

Meskipun ada beberapa kasus serupa yang sempat ditemukan, Google akan menghapus aplikasi yang berbahaya di Play Store bila menerima laporan dari pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru