Backup Chat WhatsApp bakal dilengkapi password, apakah jadi lebih aman?

Selasa, 09 Maret 2021 | 12:16 WIB Sumber: The Verge
Backup Chat WhatsApp bakal dilengkapi password, apakah jadi lebih aman?

ILUSTRASI. Backup Chat WhatsApp bakal dilengkapi password, apakah jadi lebih aman?

KONTAN.CO.ID - Fitur backup chat atau cadangkan chat di WhatsApp kabarnya bakal dilengkapi dengan password. Apakah jadi lebih aman? Fitur tersebut memungkinkan pengguna memasukan password ketika restore chat dari cloud.

Seiring dengan berjalannya waktu, WhatsApp terus meningkatpakn aplikasi yang banyak digunakan oleh penggunanya ini. Demi meningkatkan privasi dan keamanan bagi para penggunanya, chat WhatsApp bakal dilengkapi enkripsi.

Enkripsi tersebut berfungsi untuk mengamankan database chat WhatsApp Anda yang di backup melalui cloud

"Untuk menghindari akses dari pihak yang tidak diinginkan di iCloud Drive backup, Anda dapat mengatur password yang digunakan untuk mengenkripsi cadangan chat di masa yang akan datang". Dikutip Kontan via laman TheVerge.com

Nantinya, password tetap dibutuhkan ketika Anda melakukan restore chat yang telah di-backup sebelumnya. Tidak hanya itu saja, pengguna juga harus mengonfirmasi nomor telepon mereka ketika melakukan restore chat.

Logo Whatsapp

Perlu diketahui, password yang digunakan setidaknya memiliki panjang 8 karakter. Harap diingat atau dicatat di tempat yang aman, sebab pihak WhatsApp tidak dapat membantu untuk memulihkan password apabila Anda lupa.

 

Meskipun chat atau obrolan WhatsApp dienkripsi seara end-to-end, perlindungan ini tidak berlaku saat chat d-backup lewat cloud. Artinya perlindangan cadangan chat yang disimpan di iCloud dan iCloud sepenuhnya menjadi tanggung jawab penyedia layanan cloud

Mengenkripsi cadangan dengan password hanya melindungi dan mencegah siapapun mengakses riwayat obrolan Anda tanpa izin dari pemiliknya langsung.

Terlepas dari semua itu, fitur ini pada dasarnya bisa meyakinkan pengguna bahwa cadangan chat dapat dipastikan aman. Sebab, untuk mengakses cadangan atau backup chat tersebut harus memasukan password yang notabene hanya pengguna aslinya saja yang tahu.

Bagaimana menurut Anda? Backup Chat WhatsApp yang dilengkapi password sudah aman?

Masih dalam tahap pengembangan, fitur ini bakal tersedia untuk pengguna WhatsApp di Android maupun iPhone.

Selanjutnya: Tergerus jaman, iPhone jadul tidak bisa lagi gunakan WhatsApp versi terbaru

 

 

Editor: Arif Budianto
Terbaru