Wisata

Bangun The Market dan museum, M Bloc Space perluas area

Kamis, 06 Agustus 2020 | 22:23 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Bangun The Market dan museum, M Bloc Space perluas area

ILUSTRASI. Pengelola M Bloc Space yakni PT Ruang Riang Milenial berkolaborasi dengan Peruri.

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. M Bloc Space, sebuah wadah atau ruang kreatif muda-mudi di Jakarta Selatan bersiap mengembangkan area seluas sekitar 1.500 meter persegi. Ini merupakan pengembangan fase kedua, setelah sebelumnya mengelola area 6.500 meter persegi.

Dengan penambahan area ini, maka total area M Bloc Space nantinya menjadi 8.000 meter persegi.M Bloc Space akan melakukan pengembangan area untuk membangun The Market dan museum. Nantinya dua gedung tersebut akan menghadirkan sederet brand lokal sampai pameran.

Dalam upaya mengembangkan area fase kedua ini, perusahaan pengelola M Bloc Space yakni PT Ruang Riang Milenial berkolaborasi dengan Perum Peruri sebagai pemilik lahan.

Baca Juga: Perum Peruri raih tiga penghargaan Top CSR Awards 2020

Peruri juga memercayakan dua gudang kosong milik mereka untuk dikelola juga Ruang Riang Milenial selama beberapa tahun ke depan.

Kedua gudang berukuran 650 meter persegi dan 450 meter persegi yang telah dibangun sejak dekade 1970-an tersebut sebelumnya digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai alat produksi uang, dokumen berharga milik negara hingga fasilitas olah raga karyawan Peruri.

Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya mengatakan, Peruri memberikan sentuhan teknologi digital terhadap UMKM yang menjadi bagian dari pengembangan M Bloc fase kedua melalui produk digital Peruri, track and trace.

"Kami berharap konsumen atau masyarakat dapat melakukan pengecekan keaslian atau otentikasi dari identitas geografis Indonesia dari produk dari UMKM seperti kopi, sayuran, buah atau produk lokal lainnya," ujarnya dalam keterangannya, Kamis (6/8)..

Ia menambahkan, melalui hal tersebut konsumen akan mendapatkan rasa trust mengenai sumber produk- produk yang dikonsumsinya.

Baca Juga: Persiapan Sea Games 2019, Kaesang Pangarep main Mobile Legends hingga 8 jam sehari

Sementara itu,  CEO PT Ruang Riang Milenial, Handoko Hendroyono, mengatakan, pihaknya berharap kepercayaan yang diberikan kepada mereka untuk mengelola kedua aset aset tersebut dapat memberikan faedah bagi komunitas dan lingkungan sekitar.

"Generasi saat ini adalah generasi conscious consumers yang memiliki rasa empati baik terhadap lingkungan dan kebaikan,” ujar Handoko.

Proses perencanaan pengembangan area akan dilakukan oleh arsitek Jacob Gato Sura dan tim Arcadia Architects. Jacob sendiri juga merupakan salah satu pendiri M Bloc Space yang mendesain ulang area bekas rumah karyawan dan gudang produksi uang milik Peruri menjadi ruang kreatif publik dan wisata kuliner seperti yang kita kenal sekarang.

Editor: Noverius Laoli


Terbaru