Bantai Manchester United 4-0, Liverpool Puncaki Klasemen Liga Inggris

Rabu, 20 April 2022 | 07:47 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Bantai Manchester United 4-0, Liverpool Puncaki Klasemen Liga Inggris

ILUSTRASI. Liverpool


SEPAK BOLA - JAKARTA. Liverpool berhasil menyalip Manchester City ke puncak klasemen Liga Primer Inggris, setelah membantai Manchester United (MU) empat gol tanpa balas di Stadion Anfield, Rabu (20/4) dini hari WIB.

Absennya sang penyerang, Cristiano Ronaldo, yang masih berduka usai kehilangan bayinya membuat daya gedor MU melempem. Liverpool bisa melesatkan 14 tendangan dengan lima on target, sedangkan MU hanya mampu melepas dua percobaan dan hanya satu yang mengarah ke gawang.

Pasukan Jurgen Kloop pun  mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola 72%, dibandingkan tim asuhan Ralf Rangnick yang hanya menguasai 28%. Skema serangan The Reds berhasil memporak-porandakan lini pertahanan The Red Devils.

Liverpool memang menggedor sejak awal laga. Pada menit ke-5, Mohamed Salah melepas umpan di kotak pinalti dan berhasil disambar oleh Luis Diaz. Gol! Liverpool unggul 1-0.

Baca Juga: Salah Satu dari Anak Kembar Cristiano Ronaldo yang Baru Lahir Meninggal Dunia

Di luar panasnya laga, suporter Liverpool dan MU yang memadati Anfield memberikan penghormatan kepada Ronaldo. Suporter kompak berdiri dan memberikan tepuk tangan pada menit ke-7, sebagai bentuk belasungkawa dan dukungan terhadap CR7.

Kembali ke lapangan hijau, Liverpool terus menggedor lini belakangan MU. Hasilnya, Si Merah sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-22. Serangan apik umpan pendek Liverpool kembali membuat punggawa MU tertunduk.

Kiper MU David De Gea dibuat tak berdaya oleh Salah yang berhasil memoles umpan cantik dari Sadio Mane menjadi gol. Liverpool unggul 2-0.

Terus menggempur, Liverpool punya kesempatan memperlebar keunggulan. Sayangnya, gol Diaz dianulir oleh wasit karena dinilai terlebih dulu dalam posisi offside. Hingga turun minum, skor tidak berubah.

Memasuki babak kedua, Liverpool sempat mengendurkan serangan dengan lebih banyak mengalirkan bola di lini belakang. Kondisi ini membuka celah yang coba dimanfaatkan oleh MU.

MU menggempur pertahanan Liverpool dan berhasil mencetak sejumlah peluang. Beruntung pertahanan Liverpool yang digawangi oleh kiper Alisson Beker berhasil menahan serbuan Si Setan Merah.

Liverpool kembali mengubah arah pertandingan. Pada menit ke-68 Andrew Robertson yang sukses mematahkan gempuran MU melancarkan serangan balik cepat, dan meluncurkan bola ke Luis Diaz.

Diaz lalu meneruskan bola ke Sadio Mane. Umpan tarik Diaz disambar Mane yang tak mampu dijangkau oleh De Gea. Publik Anfield kembali bergemuruh, Liverpool memimpin 3-0.

Mimpi buruk MU belum usai. Salah kembali menjebol gawang De Gea pada menit ke-85. Diogo Jota yang masuk menggantikan Diaz melepaskan umpan ke Salah.

Pemain berkebangsaan Mesir itu pun sukses mengecoh bek MU Wan-Bissaka dan De Gea, untuk memastikan kemenangan Liverpool 4-0. Dengan hasil tersebut, Salah berhasil membobol gawang MU lima kali dalam satu musim ini.

Sekadar mengingat, pada pertemuan pertama di Old Trafford, Liverpool berhasil membantai MU dengan skor 5-0 di kandangnya sendiri. Kala itu, Salah berhasil mencetak hattrick setelah menjebol tiga kali gawang De Gea.

Kemenangan besar melawan MU dini hari tadi berarti penting bagi Liverpool dalam perburuan gelar Liga Primer Inggris. Dengan hasil ini, Liverpool berhasil duduk di puncak klasemen dengan menyalip Manchester City.

Baca Juga: Berakhir Imbang, Manchester City vs Liverpool Masih Sengit Buru Gelar Premier League

The Reds mengantongi 76 poin dari 32 laga. Sedangkan Manchester City membuntuti secara ketat dengan koleksi 74 poin dari 31 pertandingan. City bakal bersua Brighton dini hari WIB nanti.

Liverpool menjaga asa untuk bisa meraih Quadruple atau empat gelar dalam satu musim. Selain sedang memburu gelar Liga Inggris, The Reds juga melaju mulus ke semifinal Liga Champions.

Liverpool akan melawan klub Spanyol, Villarreal, pada leg pertama Kamis pekan depan. Liverpool juga bakal memperebutkan Piala FA melawan Chelsea di partai final pada 14 Mei 2022 nanti.

Sebelumnya, klub dengan semboyan You'll Never Walk Alone ini sukses merebot trofi Piala Liga Inggris alias Carabao Cup pada akhir Februari lalu. Kala itu, Liverpool menang lewat drama adu pinalti 11-10 mengalahkan Chelsea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru