Bantu Obati Diabetes & Pencernaan, Ini Manfaat Chia Seed

Senin, 13 Maret 2023 | 18:25 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Bantu Obati Diabetes & Pencernaan, Ini Manfaat Chia Seed


KESEHATAN - Chia seed adalah jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman Salvia hispanica yang masih dalam keluarga tanaman mint. Ada banyak sekali manfaat chia seed bagi kesehatan.

Kendati ukurannya kecil, chia seed kaya nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat chia seed seringkali dipakai banyak orang sebagai menu diet. 

Selain itu, manfaat chia seed juga terbukti untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan energi, dan menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Baca Juga: 4 Manfaat Chia Seed untuk Wajah yang Harus Anda Tahu

Manfaat chia seed

Berikut ini manfaat chia seed bagi kesehatan seperti dilansir dari Medical News Today:

1. Sumber kaya serat

Manfaat chia seed yakni dapat membantu memenuhi kebutuhan serat tubuh. Dalam standar diet di Amerika Serikat, seorang pria berusia di bawah 50 tahun harus mengonsumsi serat sebanyak 30,8 gram per hari.

Baca Juga: Ingin Jadi Vegan? Siapkan Dulu 4 Jenis Suplemen Kesehatan Ini

Sementara wanita usia di bawah 50 tahun harus mengonsumsi 25,2 gram serat per hari. Untuk orang dewasa di atas 50 tahun, rekomendasi konsumsi serat adalah 28 gram per hari, dan untuk wanita, 22,4 gram per hari. 

Namun kebanyakan orang mengonsumsi kurang dari setengah dari rekomendasi itu. Cara termudah untuk meningkatkan asupan serat adalah dengan makan lebih banyak makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

Satu ons chia seed menyediakan 10 gram serat, hampir setengah dari anjuran harian untuk wanita di atas 50 tahun.

Baca Juga: 9 Makanan yang Enak dan Sehat Bagi Penderita Kolesterol dari Kemenkes, Apa Saja?

2. Penurunan berat badan

Manfaat chia seed juga bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Sebab, sebagai makanan yang tinggi serat, chia seed membantu orang merasa kenyang lebih lama, dan biasanya lebih rendah kalori. 

Peningkatan asupan serat dan diet tinggi serat terbukti membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: 11 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Bisa Dikonsumsi Sehari-hari

Manfaat chia seed yakni mengandung hampir 5 gram serat per sendok makan. Serta asam lemak omega-3 dan asam alfa-linoleat tingkat tinggi yang berguna untuk menurunkan berat badan.

Cara mengonsumsi chia seed juga bisa dikonsumsi sebagai jeli bila dicampur dengan air. Ini menyebabkan chia seed dicerna lebih lambat di dalam tubuh, berpotensi mencegah rasa lapar untuk waktu yang lebih lama.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Saat Memakai Serum Vitamin C, Jangan Sampai Terlewat!

3. Mengobati divertikulosis

Divertikulosis adalah timbulnya kantung bernama divertikula dalam usus besar (kolon). Diet tinggi serat telah terbukti menurunkan kemungkinan terkena divertikulitis.

Ini karena serat bisa menyerap air di usus besar dan membuat buang air besar lebih mudah. 

Penyebab pasti penyakit divertikular tidak diketahui, tetapi kondisi ini berulang kali dikaitkan dengan pola makan rendah serat. Nah, salah satu manfaat chia seed yakni dapat mengobati divertikulosis

Baca Juga: Konsumsi Secara Rutin, 8 Makanan Ini Bisa Membantu Memperkuat Tulang

4. Diabetes

Manfaat chia seed juga bisa digunakan penderita diabetes untuk membantu menjaga gula darah tetap stabil. Sebuah studi pada 2017 menunjukkan bahwa manfaat chia seed memiliki kemampuan untuk mengubah glukosa menjadi karbohidrat.

Hal ini bisa berdampak positif pada penderita diabetes tipe 2. Sebab, diet tinggi serat dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Face Oil dan Oil Serum untuk Skin Barrier, Harga Mulai Rp 50.000-an

Selain itu, mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan The National Institute of Medicine menemukan bahwa diet dengan 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam risiko penyakit jantung koroner dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Susu Diet yang Efektif dan Aman Dikonsumsi, Pejuang Diet Merapat!

5. Memperlancar pencernaan

Selanjutnya, manfaat chia seed yakni bisa membantu memperlancar pencernaan. Diet tinggi serat sangat efektif mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan buang air besar. 

Buang air besar secara teratur sangat penting untuk pengeluaran racun harian melalui empedu dan tinja.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Mengobati Ejakulasi Dini, Ada Telur

6. Melawan penyakit jantung

Kemudian, manfaat chia seed juga bisa mencegah penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa omega-3 dapat menurunkan risiko trombosis dan aritmia, gangguan yang dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan kematian jantung mendadak.

Omega-3 juga dapat menurunkan LDL, kadar kolesterol total dan trigliserida, mengurangi plak aterosklerotik, meningkatkan fungsi endotel, dan bisa menurunkan tekanan darah.

Sumber terkaya omega-3 nabati terbesar salah satunya adalah chia seed. 

Baca Juga: Jangan Dikonsumsi Berlebihan, Ini Daftar Makanan yang Memiliki Kalori Tinggi

Cara mengonsumsi chia seed

Cara mengonsumsi chia seed bisa ditaburkan di atas salad.

Dirangkum dari Kompas.com (10/6/2020), berikut adalah cara mengonsumsi chia seed: 

  • Tambahkan satu sendok makan chia seed di smoothie
  • Taburkan satu sendok makan chia seed di salad 
  • Rendam chia seed dalam air dengan perbandingan 1:16 selama 20 menit. Bisa ditambah madu, lemon, atau jus buah tanpa gula. 
  • Buat puding chia seed dengan mencampurkannya ke susu atau yoghurt. Biarkan semalaman di kulkas. Bisa ditambahkan madu atau potongan buah segar untuk sarapan.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes

Biji chia hampir tidak ada rasanya atau tawar. Sehingga, Anda bisa mencampurkannya dengan banyak bahan makanan cair lain seperti jus atau air.

Hindari makan biji chia kering, terutama jika Anda punya masalah kesulitan menelan. Sebab, chia seed bisa menyerap air berkali lipat dari beratnya dalam air. Biji kering ini bisa mengembang di kerongkongan dan bikin tersedak.

Itulah beberapa manfaat chia seed untuk kesehatan dan cara mengonsumsi chia seed. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru