Bantuan kuota internet Kemendikbud hadir kembali mulai Maret 2021, ini infonya

Senin, 01 Maret 2021 | 16:23 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bantuan kuota internet Kemendikbud hadir kembali mulai Maret 2021, ini infonya

ILUSTRASI. Bantuan kuota internet Kemendikbud hadir kembali mulai Maret 2021, ini infonya. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.

KONTAN.CO.ID - Kabar baik untuk siswa dan pendidik di berbagai jenjang pendidikan, program bantuan kuota data internet dari pemerintah hadir kembali. 

Pada Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021, Senin (1/3), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan kelanjutan program bantuan ini. 

Melansir siaran daring di kanal YouTube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), masyarakat memberikan tanggapan positif terhadap bantuan kuota data internet tahun 2020. 

Banyak orangtua dan siswa yang merasa terbantu dengan bantuan kuota internet dari pemerintah, meskipun terkadang susah mencari sinyal.

"Walaupun kadang-kadang sulit mencari posisi sinyal yang baik, karena (bantuan kuota internet) itu mereka bisa dari sisi ekonomi orangtuanya tidak menjadi beban ekonomi," ucap Nadiem.

Baca Juga: Yogyakarta jawara, berikut 10 provinsi yang raih nilai UTBK tertinggi 2020

Bantuan kuota internet dilanjutkan

Sesuai dengan masukan dari masyarakat, akhirnya pemerintah melanjutkan kembali program bantuan kuota data internet. Bantuan tersebut akan diberikan selama tiga bulan dan dimulai pada Maret 2021. 

Menurut Nadiem, bantuan yang pemerintah berikan berupa kuota umum, yang dapat masyarakat gunakan untuk mengakses berbagai laman dan aplikasi sesuai dengan kebutuhan. 

Laman atau aplikasi yang sudah diblokir oleh Kemenkominfo dan yang tercantum pada situs resmi bantuan data internet Kemendikbud, tidak dapat diakses menggunakan bantuan ini. 

Volume dan kriteria penerima bantuan kuota internet

Penggunaan bantuan kuota tersebut bisa digunakan secara fleksibel dengan maksimal penggunaan sebagai berikut:

  • Peserta didik PAUD: 7 GB per bulan.
  • Peserta didik jenjang pendidikan dasar hingga menengah: 10 GB per bulan. 
  • Pendidik PAUD hingga menengah: 12 GB per bulan. 
  • Mahasiswa dan dosen: 15 GB per bulan. 

Baca Juga: Bukan UGM atau ITB, PTN ini mendominasi nilai UTBK saintek dan soshum tertinggi 2020

Nadiem menyampaikan, jika semua penerima bantuan kuota November-Desember 2020 dan nomornya aktif, akan otomatis menerima bantuan kuota pada Maret 2021. Namun, pengecualian untuk penerima yang total penggunannya kurang dari 1 GB. 

Pimpinan satuan pendidikan tidak perlu lagi mengunggah SPTJM bagi yang sudah menerima bantuan pada November-Desember 2020. 

Sedangkan untuk nomor yang berubah atau belum mendapatkan bantuan kuota sebelumnya, baru akan mendapatkan bantuan pada April 2021. 

Agar mendapatkan bantuan kuota internet, calon penerima melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum April 2021. 

Setelahnya, pimpinan atau operator satuan pendidikan mengunggah SPTJM untuk perubahan nomor atau nomor baru di laman verval ponsel Kemendikbud atau PD Dikti untuk jenjang pendidikan tinggi. 

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru