Banyak Vendor Smartphone Bikin Tablet Android, Ini Alasannya

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:50 WIB Sumber: Kompas.com
Banyak Vendor Smartphone Bikin Tablet Android, Ini Alasannya

ILUSTRASI. Model melakukan aktivitas internet. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA


SMARTPHONE / PONSEL PINTAR - JAKARTA. Sejak pandemi, tablet kembali naik daun. Laporan firma riset pasar IDC tentang pasar tablet global pada kuartal II-2020 menunjukkan peningkatan 18,9 persen dibanding periode yang sama pada 2019. Berbanding terbalik dengan tablet, pengiriman smartphone saat pandemi justru menunjukkan tren penurunan. 

Pada kuartal II-2020, laporan IDC menunjukkan penjualan smartphone global turun 20,4 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2019. Pasar tablet kini juga diramaikan oleh bermacam merek, karena hampir setiap vendor smartphone turut menghadirkan tablet. Misalnya Vivo, Realme dan Oppo yang semula fokus pada smartphone. 

Lantas mengapa produsen smartphone kompak membuat tablet?

Menurut Gizchina, alasan kenapa produsen smartphone ekspansi ke tablet adalah karena melambatnya pertumbuhan pengiriman smartphone. Selain itu, siklus penggantian ponsel juga menjadi lebih lama, sehingga vendor ponsel menjajaki pasar tablet. 

Baca Juga: Google: Ponsel Apple dan Android Diretas oleh Spyware Italia

Kondisi tersebut mendorong produsen ponsel untuk mengadopsi strategi yang lebih stabil dan konservatif. Sebab, pasar akan menghadapi tantangan sepanjang tahun. Selain berbagai produsen smartphone yang sudah populer, Google dalam konferensi pengembang Google I/O 2022 juga berkata akan kembali ke pasar tablet pada tahun depan, dengan meluncurkan tablet Pixel. 

Meski demikian, tablet hanya akan menjadi pelengkap sebagaimana smartwatch dan smartphone, bukan jadi bisnis utama perusahaan. Tren tablet selanjutnya Berdasarkan presentasi iPadOS 16 yang ditampilkan Apple dalam konferensi pengembang WWDC 2022 dan Google I/O, tren tablet selanjutnya adalah layar yang lebih profesional. 

Selain itu, ukuran layarnya juga kemungkinan akan lebih besar. Rumor yang beredar menyebutkan Apple akan meluncurkan iPad 14,1 inci pada tahun depan. Samsung awal tahun ini bahkan sudah meluncurkan Galaxy Tab S8 Ultra dengan layar 14,6 inci. 

Baca Juga: Samsung Australia Didenda US$ 9,7 Juta Karena Klaim Fitur Tahan Air yang Menyesatkan

Tren kedua yaitu lebih banyak software profesional untuk tablet. Sebab, saat ini masih banyak aplikasi yang tidak dioptimalkan untuk tablet. Oleh karena itu, di masa mendatang, pengguna akan disuguhkan dengan beragam aplikasi versi tablet. 

Sistem operasi (OS) baik iPadOS maupun Android juga akan dioptimalisasi. Dengan begitu, tablet akan mendapat lebih banyak fungsi. Selain itu, integrasi antar perangkat juga akan lebih mudah, misalnya untuk transfer data antara laptop dan tablet lintas OS, sehingga kolaborasi laptop-tablet jadi lebih mulus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Kenapa Banyak Vendor Smartphone Bikin Tablet Android"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru