Baru punya sepeda? Begini cara memompa ban sepeda sendiri di rumah

Jumat, 24 Juli 2020 | 15:22 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Baru punya sepeda? Begini cara memompa ban sepeda sendiri di rumah


HOBI - JAKARTA. Ban sepeda kempes? Alih-alih mengantri di bengkel sepeda, Anda bisa memompa ban sepeda sendiri di rumah. 

Bersepeda sedang ngetrend di tanah air. Biasanya, orang tua, muda, dan anak-anak bersepeda di akhir pekan atau saban sore. 

Mereka bersepeda untuk menjaga tubuh tetap bugar di masa wabah virus corona. Tidak hanya berolahraga, sebagian orang menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor dan pusat perbelanjaan. 

Baca Juga: Lagi berburu sepeda lipat? Simak dulu tips dari bos Element bike

Agar awet dan nyaman digunakan, Anda wajib merawat sepeda. Minimal, Anda harus memeriksa tekanan angin ban sepeda sebelum gowes. 

Hal ini penting, sebab ban dengan tekanan angin kurang alias kempes tidak nyaman digunakan. Selain itu, ban dengan tekanan angin kurang bisa merusak roda sepeda. 

Biasanya para pemilik sepeda memompa ban sepeda di bengkel sepeda terdekat. Tapi, Anda harus antri. 

Bila tidak ingin mengantri, Anda bisa memompa ban sepeda sendiri di rumah. Untuk Anda yang baru memiliki sepeda sebaiknya memompa ban dengan tekanan yang pas. Agar sepeda nyaman digunakan dan ban berumur panjang.

Berikut tips memompa ban sepeda secara mandiri di rumah.    

Siapkan pompa 

Anda bisa memompa ban sendiri di rumah. Anda bisa menggunakan pompa ban portable yang banyak dijual di toko sepeda offline dan online. 

Tekanan angin yang tepat

Anda sebaiknya memompa ban sepeda dengan tekanan angin yang pas. Tujuannya agar ban sepeda tidak pecah digowes. 

Mengutip dari situs resmi Element Bike, untuk ban ukuran 26" tekanan angin yang pas sekitar 35-65 psi. Anda juga bisa melakukan trial error sendiri untuk menentukan tekanan angin yang pas untuk sepeda. 

Sekedar info, ban dengan tekanan angin yang rendah memang lebih nyaman digunakan. Efeknya rolling resistance jadi lebih tinggi. Sedangkan, saat ban memiliki tekanan angin tinggi laju sepeda semakin cepat tapi, kurang nyaman digunakan. 

Jangan lupa menutup katup ban 

Saat memonpa ban sepeda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka katub ban. Kemudian, Anda tekan ujung katub sampai udara keluar. 

Anda pasang pompa ke katup dan mulailah memompa. Anda bisa berhenti memompa saat tekanan angin di dalam ban dirasa cukup. Jangan lupa, Anda tutup kembali katub ban. 

Setelah ban sepeda Anda punya tekanan angin yang pas, Anda bisa kembali gowes bersama teman-teman. 

Baca Juga: Murahnya bukan main! Ini harga sepeda lipat United paling murah di pasaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru