Begini penjelasan fitur dan fungsi 'pesan sementara' di WhatsApp

Jumat, 06 November 2020 | 13:51 WIB   Penulis: Arif Budianto
Begini penjelasan fitur dan fungsi 'pesan sementara' di WhatsApp

ILUSTRASI. Begini penjelasan fitur dan fungsi 'pesan sementara' di WhatsApp

KONTAN.CO.ID - WhatsApp segera kedatangan fitur yang bisa dibilang cukup unik dan canggih. Fitur tersebtu bernama disappearing message atau pesan sementara. Seperti apa si fitur pesan sementara di WhatsApp? Begini penjelasannya.

Sebagai salah satu aplikasi perpesanan yang populer, belakangan ini WhatsApp kedatangan beberapa fitur baru.

Sebelumnya WhatsApp telah mendapatkan fitur dimana user bisa mute selamanya kontak maupun grup. Nah, baru-baru ini kedatangan fitur baru bernama disappearing message atau pesan sementara.

Belum lama ini juga sempat beredar kabar bahwa kelak WhatsApp akan mendapatkan fitur ini. Mengamini hal tersebut dan memang sedang memasuki tahap pengembangan, pihak WhatsApp pun mengkonfirmasi hal tersebut.

Secara resmi WhatsApp bakal kedatangan fitur bernama pesan sementara ini.

Lalu seperti apa si dan apa fungsi dari fitur pesan sementara ini?

Baca Juga: WhatsApp bakal kedatangan fitur canggih, bisa mengirim pesan dan akan hilang otomatis

Seperti yang disampaikan pihak WhatsApp melalui blog resminya, mereka menganggap bahwa tidak semua pesan perlu disimpan selamanya. 

Tampilan fitur pesan sementara di WhatsApp

Dalam hal ini mungkin Anda dengan orang terdekat memiliki kenangan yang manis, namun di sisi lain ada juga hal yang tidak perlu diingat. Tetapi pesan tersebut terus tersimpan dan secara tidak langsung Anda kembali mengingat momen momen tersebut.

Dari situlah pihak WhatsApp berangkat untuk menerapkan fitur pesan sementara ini.

"Meskipun sangat menyenangkan untuk dapat menyimpan kenangan dari teman dan keluarga, sebagian pesan yang dikirim tidak perlu disimpan selamanya." Ujar WhatsApp dalam blog resminya.

"Tujuan kami adalah membuat percakapan di WhatsApp terasa seperti berbincang secara langsung, yang berarti percakapan tersebut diak harus selalu tersedia". Tambahnya.

Di sisi lain, fitur ini juga berguna ketika Anda ingin mengirim pesan yang benar-benar privat. Artinya hanya teman terdekat Anda yang tahu, sebab pesan tersebut akan hilang setelah 7 hari. Jadi jika orang lain mengecek WhatsApp teman Anda setelah 7 hari, pesan tersebut akan hilang.

Sederhananya fitur pesan sementara di WhatsApp bertujuan untuk memaksimalkan privasi para penggunanya.

Fitur tersebut bisa digunakan untuk obrolan individual maupun grup. Namun untuk mengaktifkan pesan sementara di grup WhatsApp harus meminta persetujuan Admin terlebih dahulu.

Jika Admin sudah menyetujui fitur tersebut dinyalakan, maka pesan sementara akan aktif di grup. Berbeda dengan obrolan individual, Anda bisa mengaktifkannya langsung.

Menurut pihak WhatsApp fitur ini akan meluncur bulan ini juga untuk seluruh penggunanya. Jadi sabar sedikit ya guys nunggu update WhatsApp muncul di Appstore atau Playstore.

Selanjutnya: Panduan pemula: Cara membuat dan daftar Gmail, mudah dipahami lengkap dengan gambar

 

Editor: Arif Budianto
Terbaru