Begini perkembangan yang bayi alami saat usia 6 bulan, orangtua wajib tahu

Kamis, 17 Desember 2020 | 21:40 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Begini perkembangan yang bayi alami saat usia 6 bulan, orangtua wajib tahu


PARENTING - Melihat perkembangan bayi mulai dari lahir hingga kanak-kanak merupakan momen penting bagi orangtua. Sangat menyenangkan dan melegakan kala melihat buah hati mulai tumbuh dengan sehat dan baik. 

Bayi umur 6 bulan mulai menunjukkan perkembangan yang signifikan. Itulah sebabnya, Anda perlu ekstra perhatian dan hati-hati dalam merawat bayi di umur ini. 

Melansir dari laman resmi UNICEF, bayi umur 6 bulan akan mulai belajar meraih, mengenali wajah, dan bersiap untuk belajar merangkak. Karenanya Anda perlu bersiap untuk menyimpan berbagai benda dan peralatan yang bisa melukai buah hati. 

Berikut beberapa perkembangan yang terjadi pada bayi usia 6 bulan yang dihimpun dari laman UNICEF: 

  • Perkembangan otak  

Pada umur 6 bulan, otak bayi mulai berkembang dan rasa ingin tahunya besar. Bayi mulai mempelajari hal-hal yang ada di sekitarnya. Dia juga akan belajar meraih benda-benda yang ada di sekelilingnya. 

Di usia ini, bayi mulai belajar memindahkan benda dari tangan satu ke tangan lainnya. Bayi juga akan sering memasukkan tangan ke dalam mulut. 

Siapkan mainan yang pas untuk bayi 6 bulan dan letakkan di sekitar bayi. Stimulasi perkembangannya dengan mengajak berbicara tentang benda-benda yang dimasukkan pada mulut bayi.

Baca Juga: Daftar serta jadwal imunisasi dasar lengkap untuk anak, orangtua wajib tahu

  • Perkembangan bahasa dan komunikasi 

Di usia 6 bulan, bayi mulai bisa mengenali dan merespon namanya sendiri. Dia juga mulai mengeluarkan suara-suara, seperti ma, da, ah, atau oh. 

Bayi juga mulai bisa merespon suara lalu membalasnya dengan mengeluarkan suara juga. Anda bisa mulai menstimulasi agar bayi familiar dengan suara dan kata-kata.

Ajaklah bayi berbicara dengan cara merespon apa yang dia ucapkan. Sering-seringlah memanggil namanya agar bayi makin familiar. 

Baca Juga: 5 Posisi menyusui yang benar serta nyaman untuk ibu dan bayi, jangan sampai salah

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru