Begini Tips Jitu Sukses Wawancara Beasiswa, Pemburu Beasiswa Wajib Catat

Selasa, 11 Oktober 2022 | 12:12 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Begini Tips Jitu Sukses Wawancara Beasiswa, Pemburu Beasiswa Wajib Catat

ILUSTRASI. Begini Tips Jitu Sukses Wawancara Beasiswa, Pemburu Beasiswa Wajib Catat. KONTAN/Muradi/09/08/2010


BEASISWA -  Pemburu beasiswa pasti sudah tidak asing dengan tahapan wawancara. Tahapan ini adalah salah satu dari serangkaian proses seleksi beasiswa yang sangat penting.

Tes wawancara selalu ada saat proses seleksi beasiswa baik untuk jenjang Sarjana atau Pascasarjana. 

Tes ini bertujuan untuk menilai kepribadian dan meyakinkan bahwa apa yang ditulis dalam data pendaftar sesuai dengan kenyataan.

Junaidi Fery Efendi Dosen sekaligus Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya membagikan beberapa tips agar calon mahasiswa sukses saat wawancara beasiswa.

Baca Juga: Buka Sscasn.bkn.go.id Buat Daftar PPPK Guru 2022, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Tips sukses wawancara beasiswa

1. Rutin berlatih wawancara. Dalam hal ini seseorang bisa melibatkan keluarga atau teman Anda.

“Posisikan kamu sedang berada dalam wawancara serius oleh tim penilai beasiswa. Hal ini bagus untuk melatih komunikasi,” papar Junaidi seperti dikutip dari situs UM Surabaya.

Beberapa pertanyaan yang bisa muncul saat wawancara beasiswa diantaranya: 

  • Menceritakan tentang diri
  • Jelaskan tentang kelebihan dan kekurangan
  • Jelaskan kekuatan dan kelemahan terbesar 
  • Alasan memilih beasiswa
  • Motivasi saat mendaftar beasiswa
  • Bagaimana cara mengatasi hambatan yang besar
  • Kontribusi yang akan diberikan setelah menyelesaikan studi

2. Tepat waktu saat mengikuti wawancara beasiswa. Artinya calon mahasiswa dilarang terlambat saat mengikuti tahapan ini. Datang lebih awal ini akan membuat kesan yang baik bahwa calon mahasiswa adalah seseorang yang disiplin.

3. Tetap tenang dan jangan gugup. Ambil napas panjang duduk diam, lakukan kontak mata, atur postur tubuh, tenangkan pikiran agar terlihat siap dan santai.

“Yang terpenting jangan sering-sering mengulang kata misalnya apa, umm atau ah yang terkesan seseorang sedang ragu-ragu dan tidak yakin. Pastikan bahwa setiap jawaban yang keluar dari mulut adalah benar dan bisa dipertanggungjawabkan,” jelasnya lagi.

4. Berpakaian yang rapi dan pantas. Artinya seseorang harus berpakaian formal saat mengikuti tes wawancara beasiswa. Jika wanita gunakanlah rok atau celana atasan kemeja. Pastikan bersih rapi dan tidak ada kerutan.

Baca Juga: Kalimat Majemuk: Pengertian, Ciri-Ciri, Macam, dan Contohnya

5. Jangan mengarang jawaban. Jika calon mahasiswa tidak mengetahui jawaban yang ditanyakan cobalah minta penjelasan lebih lanjut atau katakan tidak tahu jika memang betul-betul tidak mengetahui.

“Jangan coba-coba untuk mengarang jawaban yang tidak diketahui, hal ini bisa berakibat fatal karena hal ini akan menunjukkan seberapa banya pengetahuan yang dimiliki.”katanya lagi.

Jangan gugup dari awal hingga akhir sesi wawancara dan usahakan agar tetap santai. Seorang pewawancara pasti bisa melihat kegelisahan para pelamar. 

Selama mempersiapkan diri dengan baik percayalah bahwa anda telah melakukan yang terbaik.

“Pastikan CV yang anda tulis sangat berkesan sehingga mendapatkan kesempatan untuk menjalani tahapan wawancara. Terus tanamkan percaya diri bahwa anda akan diterima,”pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru