Bekerja dari luar kantor ternyata bisa mengurangi stres, ini buktinya

Sabtu, 02 November 2019 | 14:40 WIB Sumber: Kompas.com
Bekerja dari luar kantor ternyata bisa mengurangi stres, ini buktinya

ILUSTRASI. Pebisnis melakukan aktivitasnya di dalam ruangan EV Hive Co-working Space di Jakarta, Rabu (31/1/2018). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA


KESEHATAN - JAKARTA. Saat ini banyak perusahaan yang memberikan keleluasaan bagi pegawai untuk bekerja remote alias bekerja dari luar kantor. Salah satunya mempertimbangkan faktor kemacetan lalu lintas. 

Ternyata, selain fleksibilitas dan hemat waktu, ada juga manfaat lain yang diperoleh dari bekerja di luar kantor. 

Baca Juga: Plataran Menjangan Extravaganza 2019 ajak millenial mencintai lingkungan

Sebuah analisis baru menunjukkan, kerja dari luar rumah dapat meningkatkan produktivitas lantaran terhindari dari distraksi kehidupan kantor. Tak hanya itu, bekerja dari luar rumah juga dapat menambah 105 jam waktu senggang per tahunnnya. 

Dilansir dari CNBC, Sabtu (2/11), laporan baru yang dirilis Centre for Economics and Business Research (CEBR) bersama platform Citrix, kebijakan bekerja dari luar kantor tak hanya bermanfaat bagi pegawai, namun juga bagus untuk bisnis perusahaan. 

Tim Minahan, EVP Business Strategy Citrix menyebut, efisiensi waktu menjadi faktor penting. "Rata-rata pegawai menghabiskan hampir 65 persen waktunya sibuk bekerja dan rapat, 20% mencari informasi, dan hanya 15% atau 1,2 jam per hari untuk pekerjaan berarti yang harus mereka kerjakan," ujar Minahan. 

Bekerja dari luar kantor, termasuk dari rumah, juga dapat membantu pegawai lebih fokus dan mendongkrak produktivitas, khususnya mengerjakan pekerjaan yang sama dengan waktu yang lebih singkat. 

"Kita biasanya mengambil pegawai yang terlatih dan membuat mereka menjadi pekerja yang kemudian bergumul dengan perjalanan panjang dan distraksi yang datang bersama dengan bekerja di lingkungan kantor, menjadi terburu-buru, stres, dan kurang produktif," jelas Minahan. 

Baca Juga: Sering dianggap mengganggu, apa sih manfaat rambut di organ intim manusia?

Menurut penelitian, bekerja dari rumah membuat Anda lebih produktif dan tidak mudah lelah. Ia menyebut pula, bekerja dari rumah juga membuat pegawai lebih bisa mengurus kehidupan pribadinya, seperti belanja kebutuhan rumah tangga, membayar tagihan, melakukan pekerjaan rumah tangga, dan menghabiskan waktu dengan keluarga. 

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru