KOPI - JAKARTA. Salah satu subsektor yang sedang gencar didorong oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk menembus pasar dunia adalah kuliner melalui promosi brand kopi Indonesia. Karena kopi saat ini tidak hanya dikonsumsi, tapi sudah menjadi gaya hidup.
Konsumsi kopi yang meningkat juga menciptakan jenis konsumen baru, mereka yang menghargai "cerita di balik secangkir kopi".
Pengembangan industri kopi di Indonesia bukan hanya berfokus pada hulu (budidaya) tapi lebih pada hilir (kemasan, barista, e-commerce) yang menciptakan nilai lebih (value added); dan penekanan pada peningkatan branding kafe dan produk kopi olahan Indonesia secara global. Sehingga meningkatkan penghargaan bahwa Indonesia juga penghasil produk dan jasa kelas dunia.
Menindaklanjuti hal tersebut Bekraf mengambil kebijakan untuk menggelar Roadshow Promosi Brand KOPI Dalam Rangka Pengembangan Pasar Luar Negeri, untuk saat ini yaitu Amerika dan Kanada. Bekraf memberikan fasilitasi dan pendukungan untuk membawa brand kopi ke mancanegara.
“Brand merupakan fokus pendukungan mengingat nilai tambah terbesar ekonomi kreatif terdapat pada Intellectual Property (IP) yang terkandung di dalamnya,” ujar Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Puji Mulia Simandjuntak dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Minggu (8/4).
Lebih lanjut Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri Bekraf, Boni Pudjianto mengungkapkan dari program kopi ke Amerika dan Kanada ini diharapkan akan tercipta pembukaan cafe dengan brand Indonesia di Amerika dan Kanada, serta kerja sama berupa “sister cafe”, dan pemasokan kopi Indonesia ke beberapa roaster untuk dijual di pasar Amerika dan Kanada.
Nantinya pemasaran tetap mencantumkan brand Indonesia agar memberikan citra positif bagi Indonesia dan produk kreatif nasional di pasar internasional.
Adapun dukungan yang diberikan Bekraf di antaranya membiayai branding dan promosi selama roadshow, kompetisi roasting kopi, business meeting, coffee talk pada event Global Specialty Coffee Expo (GSCE), performance barista di setiap kota yang dilalui sepanjang roadshow di Amerika dan di Vancouver (Kanada), dan mendatangkan pakar roaster dari Amerika ke Indonesia untuk memberikan workshop teknik roasting biji kopi yang sesuai dengan selera pasar di Amerika.
Roadshow promosi brand dan kopi lokal di Amerika Serikat dan Kanada ini akan diikuti oleh pemilik brand cafe, brand kopi lokal, dan lembaga pembiayaan, yaitu: Gravfarm, Upnormal, First Crack, Kopi Boutique, Filosofi Kopi, Traffique/KopiKU, Anomali, dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia.
Agenda workshop sebagai berikut,
13 April 2018 - Los Angeles
- Simpang Asia
14 sampai 16 April 2018 – San Francisco
- Wrecking Balls
- Cumaica Coffee
- Hole in the Wall
- Andytown roastery
- Flywheel
- Henrys house
- MoU First Crack
17 April 2018 - Portland
- Cup of Excellence
- Cafe Kopi
18 sampai 22 April 2018 - Seattle
- loading GSCE
- Cafe and roastery visit
- B2B meeting and award for roasting competition
23 sampai 24 April 2018 - Vancouver
- Nusa Cafe and other roasters
- From Farm to Cup business meeting
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News