Belajar dari kejadian mobil mewah terbakar, begini tips dan cara untuk mencegahnya

Rabu, 02 September 2020 | 15:58 WIB   Reporter: Bimo Adi Kresnomurti
Belajar dari kejadian mobil mewah terbakar, begini tips dan cara untuk mencegahnya

ILUSTRASI. Belajar dari kejadian mobil mewah terbakar, begini tips untuk mencegahnya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kejadian kebakaran mobil baru-baru ini kerap terjadi. Kini yang terbaru, sebuah mobil mewah terbakar tidak sengaja di jalan tol MT Haryono, Jakarta.

Alangkah lebih baiknya sebagai pengendara dan penumpang patut mencegah lebih awal. Belajar dari insiden mobil terbakar tersebut, Anda perlu memperhatikan hal yang dapat mencegah terjadinya kebakaran mobil.

Baca Juga: Ini daftar barang yang wajib ada di dalam mobil ketika sedang berkendara

Kontan.co.id menghimpun beberapa tips dan cara mencegah terjadinya mobil terbakar yang tidak disengaja. Merangkum dari laman resmi Suzuki Indonesia dan Toyota Auto2000. Yuk simak tips dan cara mencegahnya sebagai berikut:

1. Jangan meletakkan barang mudah terbakar ke dalam kap mesin.

Ketika sedang membersihkan atau perawatan mobil, kain bekas menjadi alat untuk mempermudah pembersihan mesin. Pastikan kap mesin mobil Anda dalam keadaan seperti semula. Cek kembali jangan sampai terdapat barang seperti kain bekas, lap mauapun plastik. Barang tersebut mudah terbakar saat terkena sumber panas.

2. Cek kembali tutup oli pada bagian mesin mobil

Kebakaran mobil bisa berakibat dari kebocoran oli karena tidak terpasang dengan baik. Saat mesin dihidupkan terjadi kemungkinan tumpahan oli yang keluar. Hal tersebut dapat memicu percikan api ketika tumpahan tersebut mengenai bagian panas, seperti pipa knalpot.

Baca Juga: Simak empat tips untuk pengendara wanita ketika berkendara sendiri

3. Pastikan modifikasi mobil dengan benar

Saat Anda berniat memodifikasi mobil, patutnya anda untuk memperhatikan hal berikut. Salah satu contoh adalah beban kelistrikan mobil saat penggantian lampu utama. Kondisi kabel yang tidak rapi atau kekuatan yang berbeda bisa memicu terjadinya kebakaran.

Lampu utama dengan daya yang lebih besar dari beban kelistrikan sangat berisiko menyebabkan panas. Sehingga kebakaran mobil lebih mudah terpicu.

4. Menyimpan barang yang mudah terbakar

Saat berkendara patutnya Anda memperhatikan barang-barang yang disimpan atau diletakkan di dalam kabin mobil. Barang seperti parfum, powerbank hingga korek gas tentu sangat mudah terbakar. Baiknya, barang tersebut tidak disimpan di dalam mobil saat kondisi panas dan parkir dalam waktu lama.

Barang tersebut juga memiliki bahan aktif. Ketika diletakkan di ruang tertutup dengan suhu tinggi bisa menimbulkan api dan kebakaran tak terhindarkan.

5. Tidak ada benda asing di sekitar knalpot

Knalpot menjadi tempat pembuangan bagi mobil. Tentu sumber panas akan muncul di sekitar knalpot. Agar terhindar dari timbulnya api, perhatikan knalpot Anda ketika akan berkendara. Pastikan tidak ada benda yang menempel atau tersangkut dengan knalpot mobil Anda.

Baca Juga: Berbahaya, powerbank dan 3 barang lainnya ini jangan ditinggalkan dalam mobil

 

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru